Bahan Bakar Air

Tidak banyak yang akan diutarakan di sini karena basic saya bukan orang kimia,ataupun teknik yang selalu bergelut dengan buku dan tabung-tabung reaksi yang bikin kepala pening.

Hanya mungkin saja karena sekarang orang sudah sangat pusing dengan Harga BBM yang terus dan akan terus melambung, hingga mulailah orang BERMIMPI untuk bisa menggunakan AIR sebagai bahan bakar.

Untuk mencapai suatu tujuan yang besar, mimpi sangat dibutuhkan agar dapat merealisasikannya. Mungkin bermula dari mimpi jugalah, ternyata orang JOGJA ada yang iseng berpikiran aneh untuk menjadikan air sebagai bahan bakar.

Ternyata dari mimpi itulah sekarang sudah ditemukan pengganti BBM yang bikin pusing. Dengan melalui penelitian dan eksperimen yang panjang dan difasilitasi oleh salah satu Universitas di Jogjakarta, UMY ternyata telah menemukan bahan bakar pengganti yang bersumber dari air.

BANYUGENI….. Itulah mereka memberi nama. Dan ternyata sudah diuji coba dan sukses besar, untuk keperluan rumah tangga(kompor, lampu minyak), kendaraan bermotor,diesel, dan bahkan ke depannya sebagai bahan bakar pesawat terbang, karena telah diuji coba dengan prototype pesawat aeromodelling, tanpa harus mengganti mesin kendaraan.

Dan sudah diresmikan oleh Bupati Bantul H. Idham Samawi, dan akan segera di patenkan.

Dan diyakini harganya akan jauh lebih murah dibanding BBM yang sekarang ini, walaupun proses BANYUGENI harus melalui 4 tahapan pemisahan unsur mbuh gak ngerti.

Anda pasti tahu betapa besar pengaruh BBM terhadap kesejahteraan rakyat Indonesia dan Dunia.

Selamat datang BANYUGENI………

Welcome Hidro kerosine,hidrofuel,hidrodiesel, dan hidroavtur.

Hidup INDONESIA…………..Hidup Wong Jogja……!

Nb:Yang bukan orang jogja juga boleh ikutan TERIAK.

DAN TERNYATA SEMUA INI HANYA BOHONG BELAKA.

SANG AKTOR DINYATAKAN BERSALAH DI MUKA HAKIM DENGAN TUDUHAN PENIPUAN…………………..!

About these ads

124 Tanggapan

  1. Hidupppppp

    seliter piro ?

  2. banyugeni….. minyak murah???

  3. Wow… bisa dapat nobel nie.

  4. waahhh..gila..kalo gitu gw bisa bayangkan tidak akan ada antrian panjang untuk minyak tanah, LPG dan bensin..senangnya..

  5. nyoba maneh, jik mlebu sepam maneh ? jiannnn…

  6. berhasil ki, tenanan po ra..

  7. alhamdulillah aakhirnyaa…kumenemukanmuuuu
    air jadi bahan bakar itu impianku sejak kecil
    selamat deh kalau udah ketemu…

  8. Alhamdulillah, cepat di produksi nggak usah takut takut oleh komemtar yang sok ilmiah ning babarblas ora ngasili opo opo,yang penting manfaatnya Bung!!!, sukses arek Jogya!!! wassalam

  9. Butuh dana buat membangun instlasinya, ayo urunan, buat nomor rekening dana pembangunan Banyugeni, insa’allah bisa, kami umat islam mendukung banget, cepet ya jangan keduluan orang lain.

  10. kapa bisa dkonsumsi masyarakat,lebih murah ato mahal

  11. Tidak ada kata yang bisa terucap selain ” alhamdulillah ”
    Hidup Wong Yogya, Hidup Wong Indonesia, Hidup Indonesia…

  12. K-lo gitu ga’ perlu takut kebanjiran donk, soalnya bisa dibikin hidro fuel

  13. kirimin ke Bekasi ya mas :)

  14. Jika banyugeni terwujud, banjir,luapan air laut akan surut dimusim hujan, cepat buktikan pak jangan memberi harapan saja seperti pemerintah kita sekarang ini banyak program kenyataan amburadul tidak jelas malah bikin rakyat sengsara, contoh rencana penghapusan mitan ke lpg banyak yang belum menerima program tsb, bbm langka dimana-mana semakin sulit didapat seperti berita tv kemarin, pagi ini dibeberapa daerah juga menyatakan tdk ada bbm (telat) kirim, tanker kena ombaklah, pabriknya rusaklah dsb. Hayo butkikan bahwa bangsa Indonesia itu mampu bukan bangsa tempe atau kedelai, semua sudah tidak sabar menunggu pasti laris manis pak. terima kasih.

  15. Hebat dan Salut
    Saya baca dari motorplus edisi pebruari 2008 ada dua penemuan minyak dari yogya sebagai pengganti minyak bumi/fosil ini:
    1) Adjikusumo dengan dari biota laut menghasilkan bahan
    bakar beroktan 94/setara pertamax pernah (diuji coba
    jalan oleh wartawan motorplus pada motor yogya –
    kaliurang), minyak tanah, solar, ampas jadi pupuk
    2) UMY menghasilkan bahan bakar/banyu geni
    (info masih minim)
    Kapan jadi kenyataan ? mudah-mudahan harga jual
    perliternya tidak lebih dari Rp3000,
    Penemuan ini mudah-mudahan memicu penemuan lainnya yang
    lebih mudah dan murah untuk direalisasikan, terima kasih.
    Bravo yogya

  16. Hebat dan Salut
    saya pernah melihat dari surat kabar edisi 2008 ada penemuan terbaru yang langka pada saat krisis energi seperti ini.Mungkin bahan bakar ini akan menjadi pengganti minyak bumi/fosil.Saya mahasiswa dari ITM teknik Mesin mendukung penemuan ini.

  17. Ass wr wb
    1. hati2 mengartikan Al qur’an…jangan asal caplok,,ntar malu sendiri……di Al quran tertulis bukan air bisa berubah menjadi energi,,,tetapi air bisa dialirkan dan menjadi energi (misal PLTA). dan air menjadi energi kalau diminum,,bukan dirubah menjadi energi/api
    2. memalukan dan cenderung kebohongan publik…
    3. di haidst, kalau orang marah (api) maka wudlulah (air) jadi air dan api bertolak belakang…..
    4. penelitian tentang air,,adalah merubah air menjadi H2 (gas), sedangkan banyugeni merubah menjadi cairan energi….jelas tidak masuk akal
    5. ada unsur jin didalamnya,,,pasti…..
    6. dan keempat peneliti itu tidak ada satupun yang punya begron tentang energi atau mesin…..(malah ada yang ahli pertanian aneh too)
    7. ini kayak penipuan atas nama Al Quran dan kyai dan merupakan pembodohan akademik…..kasihan masyarakat,,,kan,,udah berharap eeh,,ternyata boong
    wassalam

  18. Ass wr wb
    1. hati2 mengartikan Al qur’an…jangan asal caplok,,ntar malu sendiri……di Al quran tertulis bukan air bisa berubah menjadi energi,,,tetapi air bisa dialirkan dan menjadi energi (misal PLTA). dan air menjadi energi kalau diminum,,bukan dirubah menjadi energi/api
    2. memalukan dan cenderung kebohongan publik…
    3. di haidst, kalau orang marah (api) maka wudlulah (air) jadi air dan api bertolak belakang…..
    4. penelitian tentang air,,adalah merubah air menjadi H2 (gas)dan itu masih amat sangat mahal, sedangkan banyugeni merubah menjadi cairan energi….jelas tidak masuk akal
    5. ada unsur jin didalamnya,,,pasti…..
    6. dan keempat peneliti itu tidak ada satupun yang punya begron tentang energi atau mesin…..(malah ada yang ahli pertanian aneh too)
    7. ini kayak penipuan atas nama Al Quran dan kyai dan merupakan pembodohan akademik…..kasihan masyarakat,,,kan,,udah berharap eeh,,ternyata boong
    wassalam

  19. benar ga dari air???ato sama dengan yang dari penemuan sebelumnya orang nganjuk yang pke air laut dari sisa pengeboran minyak yang mengandung H+???
    wah klo dari air murni se…(H2O) ya salut banget aku….cuma setauku H2O ga bisa dibakar…
    bisa sih…. digunakan sebagai energi dengan menguraikan jadi gas H2 dan O2 tapi kan biayanya cukup mahal tu…makanya ampe sekarang juga blm dipake….
    Btw kok ilmuwan dunia belum pada heboh ya??ato mm bagi ilmuwan dunia ada yng aneh/lucu/sejenisnya dari penemuan ini???kayak yg dulu itu orang nganjuk….

  20. Ass…
    makasih atas komentarnya……(terutama yang telah tersilaukan oleh kebohongan………seorang kyai penipu)
    1. ini memang seperti dana revolosi,,,or bisnis investasi…kebohongan publik atau seperti jemanni (50% nyata 50% boong)
    2. Mas-mas telah terhipnotis dengan euforia energi terbarukan….
    3. mohon mas2 download tentang H2 terbaru dariJepang or Amerika…..hal tersebut memang mungkin dilakukan,,tetapi biaya kemasannya dan pembuatannya sangat mahal sehingga tidak ekonomis
    4. air memang bisa dicampur dengan bensin (seperti di Palu)..tetapi fungsi air bukan merubah/meningkatkan energi,,,,,fungsi air hanya sebagai pengahalus bahanbakar fosil
    5. dan saya tau persis bahwa keempat orang dosen tersebut tidak melakukan penelitian,,,,tetapi hanya nyantol aja…..dan beliau 4 tidak tau isinya alat yang dibuat pak joko (= blue energi). jadi beliau berempat babarblas ora melakukan penelitian…..coba tanya aja ke salah satu (dari kekempatnya)…selalu mengtasnamakan masih rahasia…..(persis seperti menjanjikan dana revolosi)
    jadi cenderung duplikasi
    6. sebelum ke UMY, oleh pak joko sudah ditawarkan ke ITB dan UGM, kemudian UGM membuat tim untuk menganalisis alat tersebut. akhirnya ahli2 energi UGM merekomendasikan ke pak rektor UGM-“hati2 pak ini tidak masuk akal, mungkin penipuan”
    7. alat tersebut baru ada merek dagangnya saja (depperdagangan nganjuk),,,,dan sudah lebih dari 3bulan dijanjikan dipatenkan…….Kata orang dalam HAKI, alat tersebut tidak memiliki kaidah2 metopen…
    8. memang rektor UMY, mungkin telah kepincut,,,dan maaf mungkin tersilaukan….yang namanya menteri aja bisa tersilakan apalagi cuma rektor…….
    Handoko
    Wassalam

  21. makasih semau masukannya
    1. secara teori bisa air menjadi H2,,,tetapi secara percobaan baru dilakukan di Jerman sekitar tahun 2005 dan masih skala Laboratorium
    2. saya sudah ketemu langsung peneliti dari UMY tersebut, dan ternyata beliau sama sekali tidak tau,,,,,,,,yang tau hanya pak JOKO (dari nganjuk)
    ……
    3. bukan saya ndak percaya sama UMY,,,,atau bahkan berpikiran sempit,,,,,,,,,saya juga memahami ini berdasar diskusi ilmiah dengan teman2 yang punya latar belakang energi……saya hanya mencoba meluruskan mas/mbak…..agar tidak terlibat euforia,,,,ntar kecewa looo…….
    4. kasihan al Quran,,,,,kalau diterjemahkan salah,,,,maka Al qur an dikira salah,,kan kasihan…….
    wassalam

  22. mana buktinya?? jangan-jangan cuma berhayal saja

  23. mana buktinya?? jangan-jangan cuma berhayal saja. kalo ada buktinya kirim ke emailku ya!!!

  24. buruan diproduksi massal biar rakyat indonesia mammur aman sejahtera

  25. lagian jagn kelamaan nanti disangka bohong atau anda yang menemukan sudah dibayar mahal oleh pemerintah asing agar jagn buat kepanikan dunia terkait penemuan ini karena perusahaan2 energi dan negara negara penghasil minyak fosil bisa rugi n back to the poor country kalo mang iya mate aja lo or siap siap diazab karena kepintaran hanya buat nyari harta aja ok eh kirimkirim informasi dong ke alamat emailku di pbsb_wb@yahoo.com or obelik5@yahoo.com

  26. Mas..jangan gampang terhasut dan jangan berburuk sangka dengan negara lain. Bahan bakar air merupakan suatu pembodohan. Kenapa??? Air tidak mengandung nilai kalor yang tinggi seperti hal migas ato batubara. Jadi ada kemungkinan bahan bakar air yang dimaksud ini diperoleh dari hidrogen terkkandung di air hasil proses kimia yang membutuhkan energi lain yang pasti balik lagi ke bahan bakar fosil. Air dapat dimamfaatkan sebagai energi jika memiliki energi potensial (PLTA) ato dalam bentuk fasa lain/uap (PLTU). Jika dalam percobaan tidak mempengaruhi kinerja mesin tapi dalam jangka waktu dekat mempengaruhi umur mesin. Ingat mas sampai sekarang ini aja belum ada pelumas untuk bahan bakar biofuel yang telah diakui dunia. Tanya kenapa???

  27. cepat produksi untuk mengentaskan kemiskinan negara kita krn produsen bbm dunia sgt tamak bikin mereka tamat krn menaikkan bbm dunia sgt keterlaluan menyengsarakan dunia.

  28. ini dari timor-leste tolong berikan judul buku, dan berikan foto-foto tentang air sedbagai bahan bakar

  29. bikinya gampang,,,bahan bakar dari air,ada banyak cara..intinya air di aliri listrik,,di beri elektroda satu plus,,satu minus.biar cepet terjadinya gas hidrogen,,air di panaskan.kalo kurang puas,,tambah zat kimia tertentu.kalo pengen jadi gas metan,,,knalpot motor di bor,,di hubungkan ke tangki air tadi,,dst,,,,

  30. banyu geni, …
    karena kita belum terbiasa dengan temuan-temuan hidrofuel jadi kaget dan terkagum-kagum. Padahal coba anda gogling dengan istilah hidrofuel, maka anda akan tahu bahwa hidrofuel sudah ditemukan orang amerika puluhan tahun lalu. anda mungkin tahu karbit? itu salah satunya pengubah air menjadi bahan bakar. cuma untuk membuat karbit juga perlu bahan bakar, ya kan? amerika telah mengembangkan hidrogen cair untuk bahan bakar mobil.
    notebook thosiba malah telah membuat baterai dari hidrogen fuel tadi.
    mungkin secara rinsip ekonomi, banyugeni bisa sukses. dalam artian, harga jualnya(rp) akan lebih besar dari biaya produksi. namun apa energi (kalor) yang dihasilkan akan lebih besar dari energi yang diperlukan untuk memproduksinya?
    tapi bagaimanapun kita perlu bersyukur ternyata ada anak indonesia yang berhasil menguasai tehnologi itu.
    syukur2 harganya bisa dibawah BBM.

  31. Salut atas penemuannya, dari sumber yang bisa dipercaya banyugeni mmg aslinya berasal dari pak joko suprapto, yang punya banyak penemuan tapi hanya sebagian yang dipublikasikan.
    Lain lagi dengan penemuan orang barat seperti bahan bakar hidrogen yang sebenarnya murah untuk membuatnya. coba kunjungi situs FEY di http://www.freeeyourself.com
    Perusahaan mobil n minyak memang sudah bekerjasama, makanya mobil hidrogen dan listrik susah utk bkermbang.., belum lagi pemrinth yg tdk mau mendukung penemuan2 tsb.

    Kita berdoa saja smoga bhn bakar murah cepat keluar, amiiin!

  32. Tolong mas, jelasin cara cara untuk menggunakan bahan bakar air. Rakyat sudah sangat menderita, melarat, susah.. Sebentar lagi BBM akan naik. Yang paling susah adalah rakyat kita sendiri…

    Jika bapak joko berlapang dada dan mau membagikan ilmu pengetahuan kepada rakyat rakyat miskin dan awam untuk digunakan untuk kebutuhan sehari hari, niscaya Negara yang kita cintai ini akan terbebas dari kesusahan.

    Mohon kebaikan hati bapak joko mau berbagi pengetahuan dengan masyarakat terutama untuk NEGARA KESATUAN REBUBLIK INDONESIA yang sedang dilanda banyak masalah, musibah.

    Siapa yang antri minyak tanah,solar di SPBU? Sampai sampai ada yang pingsan… Tolonglah dengar tangisan orang susah.

  33. Mas Joko…Kmren gw baru liat berita..
    Terus Gw tertarik banget tuh..Bahan bakar jadi Air..
    Katanya disana sudah banyak pelanggan Mas Joko yg menggunakan Bahan bakar buatan mas yah..

    Gmn tuh campuran dan cara buatnya…
    Atau gw jg ne mau dibuatin..
    Bis..awal Juni BBM dah naek…

    Thanks ya..
    GBU

  34. good job, I am very aproud with indonesian…

  35. Wah huebat tenan ue…!!! piye carane gawe
    ???

  36. klo menurut saya pribadi itu mungkin saja bisa terjadi. tanpa harus mengkait kaitkan Al-Quran. dan tanpa berkata “itu bohong… itu hasutan… itu penipuan”

    percaya tidak ketela bisa mengeluarkan energi listrik ? saya bilang ga percaya.
    tapi mungkin ngga lempengan seng (-) dan lempengan tembaga (+) di tancapkan ke ketela dan di sambungkan ke lampu maka lampu akan menyala.
    sumber http://www.kaskus.us/archive/index.php/t-679990-p-2.html
    setelah melihat dan saya coba sendiri ternyata benar. dan saya baru percaya.

    untuk menanggapi AIR yg bisa di pakai untuk bahan bakar knapa harus menjawab “tidak mungkin?”

    jangan mengkaitkan sebuah penemuan dengan Al-quran.
    tapi kaitkan penemuan dengan teori yg mendasar. dan ini sebuah tantangan untuk menguji dan mencobanya.

    tahu tidak gas yg di hasilkan dari kotoran sapi bisa menghasilkan Gas dan bisa di pakai untuk penerangan??

    klo menuntut ilmu jangan setengah setengah.!!!
    orang indonesia banyak yg so tau , baru kuliah di universitas udah bangga.

    ” orang pintar secara teori (OMDO) jauh lebih maju di bandingkan dengan orang yg berpengalaman.”
    itu prinsip yg saya pegang.

  37. Bos cepetan ndang dipatenkan keburu minyak naik nih …trus carane gimana ong

  38. klw ngasih info mbok jgn stngh2, kmrn di tv mmg udah ada britanya tp ya g bgt jelas,kasih info yg jelas padat berisi, okey

  39. ya gitu deh mudahan bisa di kembangkan

    agar kita nggak lagi di bohongi oleh penjahat berdasi dan segera di publikasikan

    MERDEKA INDONESIA DARI PENJAHAT BERDASI

  40. Gimana proses ama designnya mas???

  41. buat yudiebarker:
    tidak perlu kepala panas dulu pak, mereka yg pernah kuliah jurusan kimia sudah pasti punya kelebihan dibandingkan dengan kita yg tidak. ingat, ada hadis yg bunyinya kira2: jika kita menyerahkan suatu perkara kepada yg bukan ahlinya, tunggulah kehancurannya.

    jaman SMA saya pernah belajar, kalo gak salah gini:
    H2O bisa dipecah jadi: H2 + O2 dengan menggunakan listrik. nah untuk membuat listriknya kan butuh migas juga, makanya hal ini ngga diaplikasikan karena mahal.

  42. semoga yang air yang dipakai adalah air laut atau bukan air bersih, kalo yang dipakai air bersih kita sendiri yang turun derajat karena harus bersaing dengan ras motor hehhe

  43. di dunia smuanya serba MUNGKIN!!!!!!sya emg bkan ahli terjemah kitab ato ilmuwan,yg jelas sy prcaya smua bs jd MUNGKIN.kembali ke org yg bikin,kl dia py niat membantu sesama tu lbh,lbh n lbih baek.dr pd sekolah tinggi tp cm ngejar balik modal tok,koar2 doank.ingat..!!”ilmu tanpa diamalkan bagai pohon tanpa buah” dan “sebaik2nya manusia adalh yg bs bermanfaat bgi sesamanya”.Maturnuwun alis makachih

  44. Wah Jadi ngiler Nich..Disaat BBM Lagi Di Cekik..Alankah Mulianya Jika Air Bisa Dijadikan BBM…..Seluruh Dunia Akan Memuji Dan Mengharukan Bangsa…Tapi Ampe Sekarang kok Blm Ada Sosialisasi Tentang BBM Air YA..Apa Saya Yang Ketinggalan Sepur..Terus terang Saya Jg pengen Tahu Cara Bikin BBM Air…Maklum Buruh… Pengen Ngirit Jg Dech…Tolong Dong Kalau Tak Berat Hati Kirim Dong Cara Bikin BBM Air..Detail Cara & Apa Aja Yang Di Perlukan….Tanks Sebelumnya Dan Salam Kenal Dari Arek Tulungagung

  45. aku wong cerbon bangga….. anak2 indonesia/jogja bisa menciptakan geni ( api) /bbm teruskan expedisinya hidup indonesia……

  46. udah banyak beritanya. org palu yg pns rri juga menemukan bbm sepeda motor dari 1:4 bensin dan air. di trans tv jelang sore 19 mei, ada jg yg menemukan bbm air tuk spd motor, beliau org yogja/ jogya. malahan yg ini mau menyebarkan caranya dg gratis. krn mudah membuatnya. pertanyaanya kapan tehnologinya akan disebarkan dan bisa dinikmati manfaatnya. bukan hanya dinikmati beritanya…..sing penting buktine. aku wis bosen dadi wong mluaraaat terus.

  47. sing ngerti alamate org yg sy maksud dl berita trans tv, tlg kirimi aku alamate yooooo. sukses68@yahoo.co.id

  48. 3mang semua itu ada benarnya. cuma kadang menyimpan rahasia itu susah, maka perlu berbohong demi kebaikan. Hindarkan prasangka buruk , Saya yakin bahan bakar / energi Listrik itu akan berhasil muncul. Serahkan pada ahlinya paste semua akan teralaksana dan insya allah diridhoi Allah SWT. Amien.

  49. Bila itu benar dan terbukti adanya. Alangkah perlu dipertimbangkan lagi apabila untuk diproduksi dan dikonsumsi secara massal. Yang saya tahu air dibumi ini terbatas seperti minyak. Dan yang hidup di bumi bukanlah manusia saja. Banyak mahluk hidup lain yang tidak membutuhkan banyugeni tetapi membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Jika yakin dengan penggunaan banyugeni sebaiknya perlu diyakinkan juga untuk pembuatan banyumurni. Alam akan selalu mencari cara untuk menyeimbangkan dirinya. Walau terasa menyakitkan.

  50. Diluar kontroversi yang ada, ya saya cuma pengin realita adanya tindak lanjut mengenai AIR YANG BISA DIGUNAKAN MENJADI BAHAN BAKAR KENDARAAN. Kalau Einsten dapat menciptakan Bom Atom melalui proses yang demikian rumit, kenapa kita meragukan Air dapat digunakan menjadi bahan bakar. Mohon untuk ditindak lanjuti, sehingga bukan hanya cuma isapan jempol belaka.

  51. Kami salut dengan penemuan Bahan Bakar Air.
    Apalagi sekarang, ketika harga BBM akan naik.
    Kami berharap, agar temuan tersebut segera disebar di seluruh Indonesia, agar kita tidak tergantung kepada BBM lagi! Amien!

  52. Salam,
    Saya dengar di jogja ada yang udah diproduksi massal untuk kendaraan, ada yang bisa memberi informasi alamatnya gak ya?
    Soalnya saya tertarik juga untuk mempelajari dan mencoba.
    Terima kasih

  53. waah hebat tenan orang Indonesia. Saya pingin lhoo untuk jadi marketnya, kalau boleh tahu alamat penemunya dimana? biar bisa curhat masalah BBM

  54. HOREEEEEEEEEEEEEEE………. Akhirnya tengkulak-tengkulak BBM bakal gulung tikar. Kapan nih temuannya diluncurkan ke publik. segera donk….

  55. hebat eui, bisa nambah daya listrik neh gua, padahal disini susah banget listriknya. maklumlah dikampung. bagaimana mau maju kalo listrik ga lancar.
    hidup indo, biar orang luar negeri bayar mahal tuh ilmunya dari kita. oke??????

  56. Alhamdulillah puji syukur kepada Allah,…
    masih diberi kemudahan,…amin…

  57. Wah….. yang nemuin hebat banget…. tapi aku masih bingung…..????? gimana cara kerjanya… dan cara pembuatanya, kirimin cara kerja dan cara pembuatanya, ke alamat Mail aku ya…. agus_petrix@yahoo.com ( ngemis Ilmu ) ko ga di kasih tau… kalo punya ilmu bagi-bagi donk… biar anak-anak Banyumas tau ni. Aku pengen nyoba di motor aku… BBM sekarang dah mahal bangat.

  58. Oksigen+minyak=karbon+karbon dioksida+karbon monoksida+.. air!!

    Jadi energi utk ngubah air jadi hidrogen&oksigen minimal sama banyaknya dengan energi yang dihasilkan (dan karena tidak mungkin sempurna selalu lebih banyak, terbuang sebagai panas,gesekan dll). Wake up, hukum kekekalan massa, kekekalan unsur, kekelalan energi, dll.

  59. Biar mahal
    dan energi lebih besar dari hasilnya bensin
    yang penting nggak ngatre minyak lagi ,
    Bumi aja menghasilkan minyak mentahnya ribuan tahun apa nggak rugi waktu tuh ?
    biar mahal asal bisa dibuat sendiri di indonesia
    gak usah dijual keluar negeri

    lega aku

    Mbrot

  60. Lha energi utk nghasilin paling murah y dari bensin, bukan plta,matahari atau yg lain, coz di indonesia pembangkit utama y pake bbm

  61. ini sebenarnya masalah kombinasi energi saja.

    walaupun air merupakan buangan dari proses pembakaran tetapi dengan tenaga kimia+cahaya+CO2+air=energi+oksigen.

    gak percaya? liat tanaman. cuma perlu air biar hidup.
    siapa yg duluan membuka rahasia fotosintesis akan mendapat sumber energi yg baru dan terbarukan.

  62. mohon alamat dan kalau beli berapa harganya terimakasih atas bantuannya

  63. Saya perhatikan banyak sekali komentar yang kacau balau. Dari susunan kata-katanya sudah nampak kalau alur berpikirnya tidak mengikuti kaidah-kaidah logika.
    Bahasa adalah pencerminan dunia yang ada dalam kepala sesorang. Jika tata bahasanya kacau, jelaslah bahwa isi kepalanya juga kacau.
    Mohon dirapikan dahulu cara berpikir, maksud saya cara berbahasa bapak-bapak sekalian, baru kasih komentar.

    Salam.

  64. Jika bener air bisa jadi Bahan bakar penghasil energi, cepat-cepat deh buktiin, jangan hanya omong doang. selamat kepada pak joko yang kreatip ngotak-ngatik air jadi energi. Teruskan kreativitasnya buktikan kepada semua orang bahwa anda bisa…

  65. berita dobosss!!!!!!!!!!!!!dan akhirnya dobollllllllll!!!!!!!!!!!

  66. Banyak komentar2 yang gak jelas bisa di bilang terlalu pintar ato jauh dari kata pintar. Nih contohnya:

    “ini sebenarnya masalah kombinasi energi saja.

    walaupun air merupakan buangan dari proses pembakaran tetapi dengan tenaga kimia+cahaya+CO2+air=energi+oksigen.

    gak percaya? liat tanaman. cuma perlu air biar hidup.
    siapa yg duluan membuka rahasia fotosintesis akan mendapat sumber energi yg baru dan terbarukan”.

    Caranya gimana mas?? apakah joko suprapto udah tahu rahasianya?? No offense.

    Nih satu lagi:
    “Biar mahal
    dan energi lebih besar dari hasilnya bensin
    yang penting nggak ngatre minyak lagi ,
    Bumi aja menghasilkan minyak mentahnya ribuan tahun apa nggak rugi waktu tuh ?
    biar mahal asal bisa dibuat sendiri di indonesia
    gak usah dijual keluar negeri”

    Klo mo yang mahal kenapa gak pake bbm aja?? Klo mahal mana ada luar negeri yang mo beli?? no offense.

    Intinya gw sampai skarang blum percaya sampai ada publikasi secara ilmiah!!! Klo emang benar ada kenapa gak dipublikasikan?? Takut karyanya diambil negara lain?? malingsia, amerika ato lain?? Beuh…

  67. saya dah produksi alatnya untuk air menjadi bahan bakar
    jk berminat hub 0818261844,murah meriah cepet

  68. Gila ee, banyu geni tipu… TIPU!!!

  69. kulo tiang jowo sing wis suwe dadi wong riau,panggah arep tuku lho…….tapi ojo larang2 yho!!!! neng riau jarene nggone minyak tapi mbuh, masih ngantri2, malah kadang kente’an….mumeeeeeeeeeeeet! mas jo larang2!!!!!!!

  70. djoko Sutrisno SMP tdk tamat gara2 mau cek air aki pake korek trus tibul ledakan, lha wong air kok bisa meledak yo? akhirnya dicarilah ahlikimia jawabannya unsur hydrogen yg mledak, air murni + Kalium hidrolit yg direaksi pakai karbon steel sbg anoda katoda yg dihubungkan ke battery. katanya sih oktannya 130, premium 80, pertamax 94. sungguh sederhana. pak Djoko nggak mau bikin paten nanti takut malah paten2an dia pengen banyak temen, yg mau pasang diajari gratis utk motor 75 Rb Mobil 150 rb, langganannya motor, angkot, Damri. Jogja, Bogor dll . Alamatnya P. Djoko Sutrisno, warga Kelurahan Pakuncen Jl HOS Cokroaminoto No 76 Yogyakarta.
    Kurang jelas cari info lagi lha wong sudah pada bisa Internetan.

  71. ditambahi, tapi itu nggak cuma air tetap pake BBm pernah dipakai bis Jogja – Jakarta biasanya 200 L stlh dipasangi jadi 120 L jadi gas hydrogen disalurkan ke inlet manifold motor/ mobil. Pak Djoko Eksperimen katanya dari 2005. Motornya sudah dipasangi dari 2 th lalu, sampe dibilang orang gila katanya. Bahkan Dia sedang mengembangan untuk motor tanpa bbm 100%. ini bukti, langsung aja disosialisasi supaya orang bisa menggunakan dan mengembangkan spt Linux.
    saya yakin kalau pak djoko menemui pemerintah pasti akan putus ditenganh jalan.

  72. HAYO PAK JOKO KM PASTI BISA, SALUT BUAT YANG KREATIF DAN INOVATIF

  73. Air memang bisa jdi BBA(bhn bkar air) stlah melalui proses kimia untk memisahkan unsur hidrogen dan oksigen..tpi proses tsb sgt rumit dan padat modal..hingga kalo sudah trjadi pemisahan antara hidrogen dan oksigen hrganya jual nya mahal…mungkin 1 ltr hidrogen = 50rb..dan 1kg oxigen(data dari rumah sakit) = 15rb…jdi y0 malah tambah kere kal0 spd m0tor kita isi hidrogen yg hrga ne = 8 ltr premium..(ngelu ndyas kuwh)

  74. Bwt cew2,tante2 yg kesepian hub ekgm_cntr@yahoo.co.id sya siap menjadi penghangat dalam dingin..dan teman dalam sepi..khusus wily -jepara-kudus-demak-semarang..hp: 085640744567

  75. Bwt cew2,tante2 yg kesepian hub ekgm_cntr@yahoo.co.id sya siap menjadi penghangat dalam dingin..dan teman dalam sepi..khusus wily -jepara-kudus-demak-semarang.

  76. hal itu bukan murni dari jogya tapi sudah ada sejak tahun 60-an ditemukan oleh orang rusia yang disebut AWACCS cuma ditemukan orang jogya dibuat lebih sederhana.Saya angkat topi juga dalam hal ini untuk menjawab kesulitan BBM …..BERKARYA TERUS UNTUK NEGERI INI

  77. Teori perlu tapi harus tepat guna dan berguna sehingga nggak kebanyakan ahli teori dan orang pinter mbohongi. kasihan rakyat yang masih pada lugu.

  78. Assalamu’alaikum wr.wb
    Tolong dong kalau bener cepat buktikan rakyat pingin tahu yg sebenarnya thx

  79. wong ndeso nglindur kok dirungokke ……. sing goblok sopo??? seng percoyo opo seng ngelindur???? opo malah sing ngawe berita???? wes pikiren saiki… nek banyu iso dadi bahan bakar terus nek kebakaaran matenine ngawe opo??????

  80. HIDUP ORANG YOGYA….
    KETIPU…..
    HEHEHEHE

  81. gimana soal infrastrukturnya? apakah akan didapatkan efisiensinya?secara garsi besar proses perubahan jd air ke minyak to ya apa?misahin hidrogen ama oksigen?makasih ya pak?

  82. yo ngono dadi wong indonesia iku sing pinter ben gak di jajah terus ekonomine awake dewe
    hidup BBA (Bahan Bakar Air)

  83. apapun pendapat anda sekalian. saat ini marilah kita doakan semoga bahan bakar air ini dapat segera terwujud untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. ok.

  84. Tapi saat ini saya kok jadi ragu. Setelah melihat dan membaca tentang pembuktian yang
    telah dilakukan.

  85. Setelah 9 bulam mencari, mencoba dan bereksperimen, saya telah menemukan alat penghemat BBM dengan mengguanakan suplemen gas hydrogen dan gas oksigen yang diproduksi dengan sistem elektrolisa. Adapun alat tersebut seperti yang telah diproduksi di Malaysia secara masal di website http://www.hydrofuel.com.my/event.html dan http://www.hydrofuel.com.my/product.html.
    Dengan email ini saya sudah memproduksi alat tersebut dalam skala home made, tetapi saya mencari investor dan pabik yang mau melakukan produksi secara masal dan dapat melakukan penghematan secara nasional, juga menjadikan setiap kendaraan ber-emisi ramah lingkungan dengan biaya murah dan terjangkau. Adapun sistem ini telah teruji dan akurat, bukan merupakan kebohongan/ hoax, dan murah, mudah dalam pengoperasian karena hanya menggunakan air bersih tanpa elektrolit. Hal ini menjadikan kendaraan seolah menggunakan air sebagai bahan bakar (water as fuel) untuk kelebihan kilometer yang berhasil ditempuh dari efisiensi yang dihasilkan oleh alat ini. Hydrogen statusnya adalah sebagai suplemen, bukan pengganti BBM.

    HYDROGEN GENERATOR YANG MURAH DAN PRAKTIS
    SEBAGAI SUPLEMEN PENGHEMAT BAHAN BAKAR

    1. Bermula dari sering menggunakan mobil untuk perjalanan jauh dengan mobil sekitar 125km per hari dan motor sampai 100km per hari, maka dicari cara untuk berhemat bahan bakar. Akhirnya ditemukan cara untuk berhemat dengan menghadirkan gas hydrogen ke dalam intake mesin dengan proses elektrolisa. Seperti diketahui kegunaan hydrogen sangat berarti walau dalam jumlah sedikit akan menyempurnakan pembakaran dalam ICE (internal combustion engine). Keuntungan menggunakan gas hydrogen dalam campuran udara yang masuk ke mesin:
    • Hal yang paling terasa adalah emisi gas buang yang menbaik berupa berkurangnya kadar CO (carbon mono oksida), berkurangnya kadar HC (hydro carbon), serta meningkatnya kadar O2 (oksigen). Asap buangan dari knalpot tidak berbau dan tidak pedih dimata, seperti bau rebusan air. Dalam hal ini ada hasil tes uji emisi mobil saya di bengkel, 2 hasil berbeda adalah karena hasil berubah-ubah dan diambil hasil terbaik

    • Meningkatnya tenaga secara signifikan, jika tidak diikuti penyetelan ulang AFR (air fuel ratio), pada mobil walau menggunakan Premium (+hydrogen), tetapi tenaga seperti jika menggunakan Pertamax
    • Menghemat pemakaian bahan bakar karena dengan adanya gas hydrogen membuat mesin bisa bekerja normal pada campuran bahan bakar yang lebih lean/ miskin. Pada motor Honda Astrea Legenda 2002, diuji dari pemakaian bbm 1liter:40km, setelah menggunakan hydrogen mampu 1liter:73km dengan tenaga tetap lebih besar, jika sebelumnya kecepatan 80km-90km sudah terasa berat, setelah menggunakan hydrogen tenaga pada 100km/j tetap ‘berisi’ dan mesin tidak ‘dipaksa’
    • Tidak merusak mesin, justru terjadi pembersihan ruang bakar karena pembakarang yang selalu sempurna dan tidak menimbulkan penumpukan karbon baru di ruang bakar. Pada mobil diuji 12000km/7bulan tanpa masalah. Mesin bekerja lebih ‘sehat’/ sempurna dan bersuara halus.
    • Mesin bekerja pada suhu yang lebih dingin, hal ini karena H2 dan O2 yang dimasukkan ke dalam mesin, setelah terbakar akan kembali menjadi H2O (air) yang berfungsi mendinginkan mesin. Knalpot akan basah/ beruap selama 15-20 menit setelah mesin dihidupkan walau siang hari sekalipun, setelah itu knalpot akan kering dan tidak akan berkarat (perlu diketahui knlapot mobil akan berair saat pagi hari saja dan mobil yang jarang dipakai akan menimbilkan karat di knalpot lebih cepat)
    • Umur mesin, busi dan oli yang lebih lama. Dengan suplemen gas hydrogen maka terjadi pembakaran yang sempurna layaknya mobil BBG (bahan bakar gas) sehingga busi dan oli lebih bersih dan tahan lama. Dalam uji coba saat penggantian oli 10.000km, oli masih terlihat bersih dan kental, teman yang saya perlihatkan oli dari dipstik berkata ini oli seperti baru 5000km terpakai (separuh nya). Walaupun begitu belum dicoba penggantian oli yang lebih lama karena sudah cukup baik jika interval ganti oli setiap 10.000km, sedangkan yang dituju adalah umur mesin yang lebih lama.
    • Dengan penghematan antara 30%-100% melalui penyetelan AFR yang akurat, akan didapat efisiensi di mesin kendaraan dalam artian jarak tempuk yang bertambah, hal ini seperti menjadikan air sebagai bahan bakar, walau dalam konteks ini bersifat suplemen, air tidak bisa benar- benar 100% menggantikan bahan bakar.
    • Sangat aman karena hydrogen yang dihasilkan tidak disimpan, tetapi langsung dimasukkan ke dalam mesin, saat mesin mati maka produksi hydrogen harus berhenti. Dilengkapi ‘bubler’, gas yang dihasilkan dibuat dalam bentuk gelembung yang menjadi pemisah antara generator hydrogen dan mesin, sekaligus berfungsi sebagai ‘dryer’/ penghilang kelembaban gas hasil elektrolisa. Pada intake mesin digunakan batu berpori untuk mencegah adanya backfire/ api balik yang lazim terjadi pada motor 2tak/ bensin campur masuk dalam sistem saluran hydrogen. Namun demikian pada sistem mesin bensin 4tak maupun diesel sangat jarang/ sampai saat ini belum pernah saya temukan adanya backfire, yang ada adalah gejala knocking/ pinging/ ngelitik. Adalah sangat berbahaya menyimpan hidrogen, karena tidak berwarna, tidak berbau dan berdaya ledak tinggi. Pernah dilakukan uji peledakan pada campuran gas hydrogen oksigen hasil elektrolisa dengan volume botol Aqua plastik 1,5liter, suara yag dihasilkan setara dengan suara petasan sebesar telunjuk.
    2. Namun dalam pembuatan hydrogen melalui elektrolisa konvensional adalah dengan menggunakan elektrolit di dalam air. Elektrolit umum yang bisa digunakan adalah soda kue Na2HCO3 yang bersifat garam dan KOH atau NaOH yang bersifat basa. Kesulitan dalam elektrolisa konvensional adalah sedikitnya gas yang dihasilkan berbanding daya listrik dari aki yang digunakan. Kerugian berupa panas dari sel ektrolisa akan merusak casing yang terbuat dari plastik, jika dibuat dari logam akan berharga mahal. Juga adanya korosi di logam sebagai elektroda dan casing dalam proses tersebut sehingga proses elektrolisa terhenti ketika logam habis/ putus karena korosi maupun casing bocor yang berakibat korosi/ merusak pada logam kendaraan. Penggunaan casing berbahan plastik tahan panas bisa digunakan tetap terkendala dari perakitan dan harga mahal, bahan dan tempat injection moulding ntuk mencetak juga harus khusus.
    3. Setelah mencoba berbagai bentuk elektroda seperti bentuk plat maupun spiral dengan mengukur arus pada tegangan aki (12v-13,6volt) berbanding volume gas yang dihasilkan per menit (liter/ menit), akhirnya ditemukan bahwa efisiensi terbaik berupa plat dan dalam multi sel seperti halnya aki. Namun kendala penggunaan elektrolit adalah korosi elektroda, arus yang berubah tergantung konsentrasi elektrolit dan menurunnya konsentrasi selama dipakai sehingga jumlah hydrogen yang dibuat tidak stabil jumlahnya, maka diusahakan bagaimana caranya supaya bisa melakukan elektrolisa dari air keran/ sumur/ pam tanpa elektrolit
    4. Proses elektrolisa tanpa elektrolit adalah dengan menaikkan tegangan pada kedua elektroda dan menggunakan sistem pulsa. Maka dicarilah cara untuk menaikkan tegangan dan membuat pulsa pada kedua elektroda secara murah dan handal. Dengan cara ini didapat hasil hydrogen berlimpah, sedikit panas di elektrolit yang berarti efisiensi penggunaan tenaga aki. Dengan arus minimal 1-2Ampere pada motor dan 5-6Ampere pada mobil (khusus mobil bisa sampai 10Ampere tetapai disarankan jangan lebih). Hal ini untuk menjaga supaya sistem kelistrikan mobil dan motor tetap berfungsi baik dan tidak perlu dilakukan perubahan penggantian alternator yang bertugas mengisi arus aki yang terpakai Arus yang dipakai tetap stabil yang berarti gas yang dihasilkan juga konstan.
    5. Penerapan teknologi ini sangat mudah, input power dari aki harus setelah ‘ACC’, artinya alat baru bekerja setelah mesin hidup. Dilarang memutar kunci mobil pada ‘ACC’ hanya untuk mendengarkan radio, karena saat itu hydrogen sudah diproduksi dan tidak dikonsumsi oleh mesin sehingga tertimbun di ruang filter udara (perlu dibuatkan label peringatan di dashboard mobil atau dibuatkan sensor tambahan untuk mendeteksi apakah mesin sedang hidup/ tidak. Khusus mobil dengan sistem komputer yang terbaru, power listrik diambilkan relay yang sinyalnya dari kompresor AC/ penyejuk udara yang baru bisa berfungsi sesaat setelah mesin hidup.
    6. Produksi. Dengan biaya bahan untuk pembuatan elektroliser dan rangkaian elektronik sekitar Rp 150.000,- sampai Rp. 200.000,- untuk motor, biaya untuk mobil Rp 300.000,- sampai Rp. 400.000,- untuk mobil. Angka tersebut untuk pembuatan jumlah kecil, dalam jumlah besar bisa ditekan lagi biayanya. Dalam hal ini saya gunakan bahan yang sangat mudah didapat di pasaran seperti casing, plat elektroliser, komponen elektronika, baut dan bahan perekatnya.
    7. Perawatan. Alat ini bersifat ‘add on’/ tambahan, bisa dipasang dan dilepas dengan mudah. Kerusakan/ malfungsi dari alat ini tidak akan merusak mesin. Perawatannya sangat mudah hanya dengan menambah air pada tabung cadangan air, tidak menggunakan elektrolit apapun. Jika air dengan cepat kotor maka harus diganti dengan air yang lebih ‘murni’/ sedikit mineral. Air minum isi ulang dari Bogor adalah yang paling tepat. Penggunaan ‘AQUA’ ternyata terlalu ‘murni’ atau sedikit mineral sama juga dengan ‘AMIDIS’/ air minum distilasi/ aquades.
    8. Akhirnya keinginan saya adalah membuat teknologi penghemat bbm di kendaraan bermotor, memperendah emisi dan bisa memproduksi secara masal produk ini seperti yang sedang saya kerjakan malam ini sambil merakit beberapa komponen alat tersebut. Salam sejahtera.
    9. Pengembangan konsep elektroliser dan elektrolit didapat dari http://www.water4gas.com, pengembangan konsep elektronika didapat dari inverter dc-dc, dan akhirnya sekarang dengan metoda pulsing dc, serta pendobel tegangan, penggabungan dengan sistem amplifier sound system OCL (output capacitor less)

  86. HYDROGEN GENERATOR YANG MURAH DAN PRAKTIS
    SEBAGAI SUPLEMEN PENGHEMAT BAHAN BAKAR

    1. Bermula dari sering menggunakan mobil untuk perjalanan jauh dengan mobil sekitar 125km per hari dan motor sampai 100km per hari, maka dicari cara untuk berhemat bahan bakar. Akhirnya ditemukan cara untuk berhemat dengan menghadirkan gas hydrogen ke dalam intake mesin dengan proses elektrolisa. Seperti diketahui kegunaan hydrogen sangat berarti walau dalam jumlah sedikit akan menyempurnakan pembakaran dalam ICE (internal combustion engine). Keuntungan menggunakan gas hydrogen dalam campuran udara yang masuk ke mesin:
    • Hal yang paling terasa adalah emisi gas buang yang menbaik berupa berkurangnya kadar CO (carbon mono oksida), berkurangnya kadar HC (hydro carbon), serta meningkatnya kadar O2 (oksigen). Asap buangan dari knalpot tidak berbau dan tidak pedih dimata, seperti bau rebusan air. Dalam hal ini ada hasil tes uji emisi mobil saya di bengkel, 2 hasil berbeda adalah karena hasil berubah-ubah dan diambil hasil terbaik

    • Meningkatnya tenaga secara signifikan, jika tidak diikuti penyetelan ulang AFR (air fuel ratio), pada mobil walau menggunakan Premium (+hydrogen), tetapi tenaga seperti jika menggunakan Pertamax
    • Menghemat pemakaian bahan bakar karena dengan adanya gas hydrogen membuat mesin bisa bekerja normal pada campuran bahan bakar yang lebih lean/ miskin. Pada motor Honda Astrea Legenda 2002, diuji dari pemakaian bbm 1liter:40km, setelah menggunakan hydrogen mampu 1liter:73km dengan tenaga tetap lebih besar, jika sebelumnya kecepatan 80km-90km sudah terasa berat, setelah menggunakan hydrogen tenaga pada 100km/j tetap ‘berisi’ dan mesin tidak ‘dipaksa’
    • Tidak merusak mesin, justru terjadi pembersihan ruang bakar karena pembakarang yang selalu sempurna dan tidak menimbulkan penumpukan karbon baru di ruang bakar. Pada mobil diuji 12000km/7bulan tanpa masalah. Mesin bekerja lebih ‘sehat’/ sempurna dan bersuara halus.
    • Mesin bekerja pada suhu yang lebih dingin, hal ini karena H2 dan O2 yang dimasukkan ke dalam mesin, setelah terbakar akan kembali menjadi H2O (air) yang berfungsi mendinginkan mesin. Knalpot akan basah/ beruap selama 15-20 menit setelah mesin dihidupkan walau siang hari sekalipun, setelah itu knalpot akan kering dan tidak akan berkarat (perlu diketahui knlapot mobil akan berair saat pagi hari saja dan mobil yang jarang dipakai akan menimbilkan karat di knalpot lebih cepat)
    • Umur mesin, busi dan oli yang lebih lama. Dengan suplemen gas hydrogen maka terjadi pembakaran yang sempurna layaknya mobil BBG (bahan bakar gas) sehingga busi dan oli lebih bersih dan tahan lama. Dalam uji coba saat penggantian oli 10.000km, oli masih terlihat bersih dan kental, teman yang saya perlihatkan oli dari dipstik berkata ini oli seperti baru 5000km terpakai (separuh nya). Walaupun begitu belum dicoba penggantian oli yang lebih lama karena sudah cukup baik jika interval ganti oli setiap 10.000km, sedangkan yang dituju adalah umur mesin yang lebih lama.
    • Dengan penghematan antara 30%-100% melalui penyetelan AFR yang akurat, akan didapat efisiensi di mesin kendaraan dalam artian jarak tempuk yang bertambah, hal ini seperti menjadikan air sebagai bahan bakar, walau dalam konteks ini bersifat suplemen, air tidak bisa benar- benar 100% menggantikan bahan bakar.
    • Sangat aman karena hydrogen yang dihasilkan tidak disimpan, tetapi langsung dimasukkan ke dalam mesin, saat mesin mati maka produksi hydrogen harus berhenti. Dilengkapi ‘bubler’, gas yang dihasilkan dibuat dalam bentuk gelembung yang menjadi pemisah antara generator hydrogen dan mesin, sekaligus berfungsi sebagai ‘dryer’/ penghilang kelembaban gas hasil elektrolisa. Pada intake mesin digunakan batu berpori untuk mencegah adanya backfire/ api balik yang lazim terjadi pada motor 2tak/ bensin campur masuk dalam sistem saluran hydrogen. Namun demikian pada sistem mesin bensin 4tak maupun diesel sangat jarang/ sampai saat ini belum pernah saya temukan adanya backfire, yang ada adalah gejala knocking/ pinging/ ngelitik. Adalah sangat berbahaya menyimpan hidrogen, karena tidak berwarna, tidak berbau dan berdaya ledak tinggi. Pernah dilakukan uji peledakan pada campuran gas hydrogen oksigen hasil elektrolisa dengan volume botol Aqua plastik 1,5liter, suara yag dihasilkan setara dengan suara petasan sebesar telunjuk.
    2. Namun dalam pembuatan hydrogen melalui elektrolisa konvensional adalah dengan menggunakan elektrolit di dalam air. Elektrolit umum yang bisa digunakan adalah soda kue Na2HCO3 yang bersifat garam dan KOH atau NaOH yang bersifat basa. Kesulitan dalam elektrolisa konvensional adalah sedikitnya gas yang dihasilkan berbanding daya listrik dari aki yang digunakan. Kerugian berupa panas dari sel ektrolisa akan merusak casing yang terbuat dari plastik, jika dibuat dari logam akan berharga mahal. Juga adanya korosi di logam sebagai elektroda dan casing dalam proses tersebut sehingga proses elektrolisa terhenti ketika logam habis/ putus karena korosi maupun casing bocor yang berakibat korosi/ merusak pada logam kendaraan. Penggunaan casing berbahan plastik tahan panas bisa digunakan tetap terkendala dari perakitan dan harga mahal, bahan dan tempat injection moulding ntuk mencetak juga harus khusus.
    3. Setelah mencoba berbagai bentuk elektroda seperti bentuk plat maupun spiral dengan mengukur arus pada tegangan aki (12v-13,6volt) berbanding volume gas yang dihasilkan per menit (liter/ menit), akhirnya ditemukan bahwa efisiensi terbaik berupa plat dan dalam multi sel seperti halnya aki. Namun kendala penggunaan elektrolit adalah korosi elektroda, arus yang berubah tergantung konsentrasi elektrolit dan menurunnya konsentrasi selama dipakai sehingga jumlah hydrogen yang dibuat tidak stabil jumlahnya, maka diusahakan bagaimana caranya supaya bisa melakukan elektrolisa dari air keran/ sumur/ pam tanpa elektrolit
    4. Proses elektrolisa tanpa elektrolit adalah dengan menaikkan tegangan pada kedua elektroda dan menggunakan sistem pulsa. Maka dicarilah cara untuk menaikkan tegangan dan membuat pulsa pada kedua elektroda secara murah dan handal. Dengan cara ini didapat hasil hydrogen berlimpah, sedikit panas di elektrolit yang berarti efisiensi penggunaan tenaga aki. Dengan arus minimal 1-2Ampere pada motor dan 5-6Ampere pada mobil (khusus mobil bisa sampai 10Ampere tetapai disarankan jangan lebih). Hal ini untuk menjaga supaya sistem kelistrikan mobil dan motor tetap berfungsi baik dan tidak perlu dilakukan perubahan penggantian alternator yang bertugas mengisi arus aki yang terpakai Arus yang dipakai tetap stabil yang berarti gas yang dihasilkan juga konstan.
    5. Penerapan teknologi ini sangat mudah, input power dari aki harus setelah ‘ACC’, artinya alat baru bekerja setelah mesin hidup. Dilarang memutar kunci mobil pada ‘ACC’ hanya untuk mendengarkan radio, karena saat itu hydrogen sudah diproduksi dan tidak dikonsumsi oleh mesin sehingga tertimbun di ruang filter udara (perlu dibuatkan label peringatan di dashboard mobil atau dibuatkan sensor tambahan untuk mendeteksi apakah mesin sedang hidup/ tidak. Khusus mobil dengan sistem komputer yang terbaru, power listrik diambilkan relay yang sinyalnya dari kompresor AC/ penyejuk udara yang baru bisa berfungsi sesaat setelah mesin hidup.
    6. Produksi. Dengan biaya bahan untuk pembuatan elektroliser dan rangkaian elektronik sekitar Rp 150.000,- sampai Rp. 200.000,- untuk motor, biaya untuk mobil Rp 300.000,- sampai Rp. 400.000,- untuk mobil. Angka tersebut untuk pembuatan jumlah kecil, dalam jumlah besar bisa ditekan lagi biayanya. Dalam hal ini saya gunakan bahan yang sangat mudah didapat di pasaran seperti casing, plat elektroliser, komponen elektronika, baut dan bahan perekatnya.
    7. Perawatan. Alat ini bersifat ‘add on’/ tambahan, bisa dipasang dan dilepas dengan mudah. Kerusakan/ malfungsi dari alat ini tidak akan merusak mesin. Perawatannya sangat mudah hanya dengan menambah air pada tabung cadangan air, tidak menggunakan elektrolit apapun. Jika air dengan cepat kotor maka harus diganti dengan air yang lebih ‘murni’/ sedikit mineral. Air minum isi ulang dari Bogor adalah yang paling tepat. Penggunaan ‘AQUA’ ternyata terlalu ‘murni’ atau sedikit mineral sama juga dengan ‘AMIDIS’/ air minum distilasi/ aquades.
    8. Akhirnya keinginan saya adalah membuat teknologi penghemat bbm di kendaraan bermotor, memperendah emisi dan bisa memproduksi secara masal produk ini seperti yang sedang saya kerjakan malam ini sambil merakit beberapa komponen alat tersebut. Salam sejahtera.
    9. Pengembangan konsep elektroliser dan elektrolit didapat dari http://www.water4gas.com, pengembangan konsep elektronika didapat dari inverter dc-dc, dan akhirnya sekarang dengan metoda pulsing dc, serta pendobel tegangan, penggabungan dengan sistem amplifier sound system OCL (output capacitor less)

  87. teruskan bakatmu….

  88. Apapun yang baru dihasilkan dari penemuan yang belum memasyarakat, aku sangat salut. Mudah mudahan makin bisa disempurnakan dan hasilnya sangat nyata demi kemakmuran bangsa ini yang sudah sengsara. Artikelku juga ada mengenai bahan bakar semacam tapi hanya sekedar wawasan saja, bisa dilihat di http://mobileandmotor.blogspot.com/2008/02/hydro-fuel-fuel-from-water.html

  89. Mas tolong jangan asal main comot ayat di Al Quran kalau gak tau cara nafsirinnya. pada dasarnya semua hal itu bisa dilakukan termasuk perjalanan menjelajahi alam semesta asal kita manusia mau berusaha dan berdoa nothing is impossible
    memang secara proses fisika air NGGAK AKAN BISA DIBAKAR tapi lain lagi kalau secara kimiawi, molekul H2O dipisah menjadi HH dan O nah dari kedua gas ini lah yang nantinya jadi energi atau BISA DIBAKAR kalau nggak percaya silahkan coba sendiri atau lihat di youtube kata kunci bahan bakar air, HHO, electrolyzer/water energy.

  90. ya mudah mudahan ini bukan sekedar pepesan kosong untuk mengalihkan perhatian masyarakat yang sedang kesulitan menghadapi laju kenaikan kebutuhan pokok.
    politik….politik kadang menhalalkan segala cara untuk mempengaruhi pendapat rakyat……..
    kepada peneliti maju terus demi kepentingan umat manusia.
    terima kasih.

  91. ternyata uang yang begitu banyaknya untuk resit hasilnya cuma
    pepesan kosong.

  92. smoga riset-riset yang menghabiskan banyak uang rakyat dapat dimanfaatkan oleh para ilmuwan kita dan menghasilkan bener-bener hydro teknology, yang penting bukti bukan omong aj, tp setelah dibukti`in ternyata banyak yang kecewa. terus gimana niiiiii!!!!!!!!!!1

  93. Saya sangat tertarik sekali dengan kabar bahan bakar dari air ini. bagaimqana dan dimana saya bisa mendapatkan alat tersebut…??? tolong infonya. makasih

    Syarif Daud, Kupang – NTT.

  94. banyu geni ki opo to??? tolong jelasin kerangka berpikirnya biar kita2 pada atu dan yakin<<<<< thx

  95. Yaaaaa!!!!! Stuju aq jg akn mendukungmu!!!! Hiduppp banyugeni!!!! -from arek malang-

  96. Bahan bakar AIR ini sudah lama di kenal di AMERIKA ,sekitar 90 tahun yang lalu kemudian di tahun 70-90 bahan bakar AIR ini disempurnakan lagi oleh Bapak Sten Meyer dengan menggunakan rangkaian elektronik sebagai INVENTER arus dan di situ prekwensi ARUS yang 50-60 hz dirubah menjadi sekitar+ _1000 hz kemudian ARUS 12 V tersebut di STEP UPkan lagi menjadi VOLTASE TINGGI dan Amper yang Besar sehingga hasil GAS H2O yang di timbulkan cukup besar dan mampuh menjalankan MESIN dengan 100% menggunakan AIR tanpa menggunakan bakan BENSIN ataupun SOLAR.
    Rangkaian elektronik ini, banyak di kembangkan di AMERIKA ,sebagai penghemat bahan bakar dan di jual masih cukup mahal.
    Dengan adanya pengamatan saya berbulan-bulan di internet mengenai bahan bakar alternatif ini ,maka saya mempunyai niat untuk membuat rangkaian elektronik ini sebagai INVERTER arus yang telah di Puplikasikan oleh DAVE LEWUTON replika dari STEN MEYER. sayangnya Bahan bakunya di INDONESIA masih susah di dapatkan 100% terutama MOSFET dan akhirnya saya harus mencari bahan bakunya sebagian ke AMERIKA melalui perusahan di SINGAPURA dan sekarang saya tinggal menunggu di kirim ke Indonesia dan ke BONTANG KAL-TIM.dan saya tidak berhenti sampai di penghematan BAHAN BAKAR SAJA ,tapi saya akan mempelajari terus sampai bisa menghasilkan 100% bahan bakar AIR sebagai penggerak MESIN Seperti halnya Negara JEPANG yang suda berhasil menciptakan Rangkaian elektronik .sebagai rangkaian yang mampuh menghasilkan GAS H2O yang sangat besar sehingga bisa menjalankan MESIN 100% MENGGUNAKAN AIR.Perluh di ketahui bahwa Arus input 12 V di rubah melalui rangkaian elektronik menjadi 25V melalui YOU TUBE yang di perlihatkan……!!!!??sekian dan terimahkasih.filemon.btg@gmail.com atau filemontomale@yahoo.co.id.

  97. Kami memiliki produk reaktor hidrogen yang berisi air (H2O) yang dapat membantu menghemat BBM mobil. H2O dieletrolisa menjadi H2 dan O2, kemudian dimasukan ke ruang pembakaran, sehingga dapat bercampur dan dibakar.

    Untuk lebih detail silakan masuk ke http://www.reaktor-hidrogen.com

  98. Halah Tenane Mas…..
    Air ?????
    Air tuk kehidupan ???/
    Wa llohu alam

  99. saya sudah oasang alat generator hidrogen namun masih ada kendala . out put genertor saya masukkan di manifold sepeda motor saya namun saat karburator saya tutup putaran mesin masih tinggi sehingga suara mesin masing tinggi , sehingga kurang nyaman dalam mengendarai motor ini . mohon jawabanya dari sispa saja . terima kasih

  100. mungkin saya bisa memberikan masukan sedikit menurut pendapat saya.
    1,kalau alat mas bimo gunakan yang sistim langsung
    atau tidak menggunakan komponen elektronik atau
    namanya pulser PWM mas bimo bisa menggunakan
    saklar on-off, jika putaran stasioner sebaiknya alat
    di matikan saja, supaya suplai bahan bakar tidak tambah
    ke dalam ruang bakar dan tetap normal ,tampa ada yang
    di stel atau dengan kata lain karburator sesuai dng standar
    paprikan.
    2.mungkin mas bimo konsultasi kebengkel apakah harus
    menyetel kalau tidak salah angin-angin atau perbandingan kompresi antara udara dan bahan bakar
    3.kalau ada spayer bensin yang lebih kecil lagi, dari yg
    standar mungkin bisa diganti (kalau misalkan ada )
    4.mohon maaf kalau jawaban saya tidak ada yang pas
    sama mas bimo, karena ini hanya analisa saya.

  101. cepet2 d patenkan ya mas… entar d rebut lg oleh orang luar negri…… saya sangat senang klo ada bahan bakar baru yg lebih gampang d dapat.

  102. hmmm akhirnya tambah banyak rahasia yang terungkap,…
    emang prosesnya sulit tapi sulit bukan berarti gak mungkin
    yah demi menjaga keseimbangan alam moga bangsa juga mendukung tanpa memikirkan untung rugi pribadi tuing tuing

  103. saya sudah membuat blog, tapi masi berantakan dalam bentuk poto-poto di http://www-torayakan.blogspot.com

  104. trus mana gambar hasil karya sampea2 boleh dong dikasih tau

  105. walah cuma ngapusi kuwi

  106. teliti dan pelajari dulu sebelum komentar, jangan asal njeplak…..mas!!!!

  107. Adalagi TEKNOLOGI yang saya bahas di blog saya mengenai tehnologi yang di gunakan oleh Voll Yohanis Bosco dari palu mengenai bahan bakar air.walaupun teknologi ini sudah lama di temukan oleh PAUL PANTONE ATAU PAULUS PANTONE Tidak ada salanya kita bahas lagi muda-mudahan ada yang berminat dan mau mengembangkannya, alat ini sendiri kalau tidak salah namanya GEED PLASMA REACTOR PANTOM DI http://www-torayakan.blogspot.com

  108. lumayan bagus buat orang yang gagh tau/////

  109. setahuku bahan bakar air itu diperlukan bagi manusia yang habis makan terutama kalo kekenyangan atau seret makan dak ada kuahnya bahan bakar air sangat penting :)

  110. sy telah mencoba dg elektrolisa air, dg campuran 1 sendok soda kue merk koepoe2 untuk 1 liter air murni, uap dialirkan manifold, tapi ternyata setelah dicoba perjalanan 400 km hasilnya sama saja, tidak tampak adanya penghematan. Bgmn ini?

  111. Di atas langit masih ada langit, maka saya percaya kalau air bisa dijadikan sumber energi. Memang tidak mudah mengekstraksi energi tersebut. Namun kalau air punya anomali dan sifat2 lainnya, maka pasti ada suatu kondisi di mana air bisa sebagai bahan bakar. Itulah hebatnya ciptaan Tuhan. Air bisa berfungsi sebagai apa saja yang kita kehendaki (pijakan – es batu, memadamkan api dan menyalakan api). Kebetulan saya punya beberapa referensi mulai dari yg gratis sampai berbayar soal water fuel. Kontak saya ada di == http://im.ub.web.id ==.

    Para ahli penemu energi alternatif selain energi fosil (minyak), kebanyakan menemui ajalnya begtu karyanya akan disebarluaskan. Masuk akal. Bayangkan saja, berapa besar investasi yang dibutuhkan untuk mengeluarkan minyak dari perut bumi. Nah kalau kemudian minyak nggak laku, bisa gigit jari para tuan2 empunya minyak! Kabarnya bahkan, minyak sudah digunakan untuk mengendalikan banyak negara. Termasuk negara kita ? :(

  112. Kalo bicara masalah penghematan kami pakarnya mas. Pakailah Magic Ring alat penemuan terbaru bangsa ind onesia yang dapat dipertanggung jawabkan (dalam proses paten) yang dapat dipercaya khasiatnya. Dengan Magic Ring dalam hitungan detik Power dan Akselerasi dijamin 100% langsung dapat dirasakan. Dijamin garansi 100% uang kembali. Untuk Supra X 125, penghematan hingga 40%. Untuk motor lainnya dijamin pasti hemat. dengan catatan sebelum pakai alat dan sesudah pakai alat pemakaian dalam keadaan yang sama jarak, maupun kecepatan yang sama pula. Magic Ring adalah alat penambah power dan akselerasi bekerja dengan cara memanfaatkan Hidrokarbon aktif yang terbuang pada waktu terjadinya Overlapping sehingga dalam hitungan 1/1000 detik tercipta POWER, AKSELERASI, DAN PASTI HEMAT (PAS…………TI). Dijamin deh GARANSI 100% uang anda kembali. Segera buka Web ; http://www.indosumitech.com atau http://www.indosumitech-sakti.com atau hub (0271)7651884, 081393773388

  113. air menjadi bahan bakar sudah di temukan orang seabat yang lewat namun masih tidaksempurna…
    skarang sudah banyak orang yang bisa membuat air menjadi bahan bakar….
    tapi sayang banyak yang takut untuk mempublikasikannya karna siapapun yg mempudlikasikannya kemungkinan hidupnya akan terancam di bunuh… ya… tragis memang tapi itulah kenyataannya. karna scara otomatis jika air jadi bahan bakar minyak akan di tinggalkan.. dan Raja-raja minyak dunia yang tidak punya hati dan perasaan seperti lintah/pacat yang mengambil keuntungan dari orang-orang miskin akan jatuh jadi miskin karna bahan bakar minyak tidak di perlukan lagi oleh manusia…

    bagi anda yang tidak yakin harap belajar ilmu kimia agar anda mengerti dan bisa membuat air menjadi bahan bakar minimal untuk diri anda sendiri…

  114. yg juwal alat itu manaya…?

  115. Jika kita pintar Air emang bisa dijadikan bahan yang bisa terbakar
    jika terbakar pasti bisa buat bahan bakar /////////
    Caranya,… air ( H2o) tersusun atas Hidrogen dan Oksigen dgn komposisi yg stabil….Nah pisahkan lah unsur H dan O agar berdiri sendiri menjadi Hidrogen dan Oksigen… baru bisa dipakai bahan bakar….. dlm kimia ini namanya pemisahan atas unsur zat penyusun
    selamat mencoba… inilah yg tidak pernah diungkap… oleh pengedar
    bahan bakar selama ini…. biar gak ada yang buat….. jadi bisa repot kilang minyak….. jika perlu saran boleh hub saya..////

  116. alat ato bahan untuk memisahkan dari kedua unsur tersebut apa namanya??
    kalau harus membeli,,, dimana tempat untuk membeli item tersebut!!
    untuk infonya saya tunggu secepatnya terimakash……. tag yah infonya di:

    https://www.facebook.com/hay20070910497

  117. kalau ada orang mengatakan air bukan bahan bakar sudah pasti itu orang bodoh malas membaca dan belajar, teliti itu air laut indonesia banyak mengandung Tritium (H3) sebagai bahan bakar fisi nuklir, lihat itu ilmuwan Paul Pentone yg bisa buat alat yg mengubah gas buang&air jadi gas metan (CH4), lihat itu pak Joko Sutrisno from Yogya yg bisa buat HHO generator murah tapi bisa hemat BBM s/d 70 %.

  118. f bh hjcm j nkc cfgvfjjjjjcj
    gjhghjhkjhl
    hkhk

  119. tar klo ngiler ditampung aja buat bahan bakar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: