FIRST STREET TO SUCCESS

STREET SMART 

 donald-di-atas-piring.jpg

Untuk menjadi seorang wirausaha sejati tidak perlu pintar secara akademis,ijasah, apalagi modal. Mengapa demikian…?

Coba simak nasihat dari Purdi E Chandra, Big Boss Primagama itu. Saat yang tepat untuk memulai suatu usaha justru saat kita tidak punya apa-apa. Pakai ilmu street smart saja, artinya cerdas di jalanan,cerdas dengan praktek langsung. Banyak diantara orang yang ragu-ragu dalam memulai usahanya gara-gara terlalu jeli dalam menghitung besar kecil untung dan ruginya. Akhirnya malah tidak berani membuka usahanya.  Seorang sarjana ekonomi manajemen yang  akan membuka usaha dihitung-hitung terus dan selalu tidak feasible, akhirnya tidak jadi membuka usaha.

Kunci sukses seorang wirausaha terletak pada keberanian untuk memulai usaha, berani mengambil langkah pertama (first step), tetapi tetap bukan asal berani ,harus penuh optimisme. Orang yang kaya ide tetapi miskin keberanian akhirnya tidak akan pernah jadi seorang wirausaha sukses, hanya dalam mimpi saja.

Boss itu juga dikenal dengan teori BODOL(berani,optimis,pakai duit oranglain), BOTOL(berani, optimis,pakai tenaga orang lain), BOBOL(berani,optimis,meniru bisnis orang lain).

Untuk hal pertama, pakai duit orang lain memang tidak mudah kita mendapatkannya, tetapi tetap berusaha,kedua pakai tenaga orang lain, rekrut orang sesuai dengan bidang usaha yang akan kita buka, dan terakhir meniru bisnis orang lain, dalam hal bisnis hal ini sah-sah saja, barangkali konsumen akan lebih memilih membeli ke kita karena pelayanan yang prima, dll.

Sementara orang mungkin memandang teori seperti ini adalah teori yang nekat dan tidak berdasar, tetapi coba simak pengalaman pribadi saya ini:

Waktu itu lebaran tahun 2006 di daerah saya masih kental dengan adat saling kunjung -mengunjungi sanak keluarga, dan relasi. Salah satunya adalah seorang karyawan sebuah bank relasi ibu saya, karena notabene   sudah lama menjadi nasabah kantor tersebut. Ngobrol punya ngobrol beliau menyarankan untuk membuka usaha warung makan. Pada awalnya saya ragu-ragu, karena sudah banyak di sekitar rumah saya orang buka warung makan. Tetapi seminggu kemudian kami mendapat berita bahwa karyawan bank tersebut meninggal ketika silaturahmi di Jawa Timur.  Sebagai orang  Jawa, ibu saya berfikiran, ah barangkali pesan terakhir kemarin merupakan peluang sukses untuk membuka usaha.

Saya sebagai seorang Sarjana Ekonomi menilai bahwa usaha membuka usaha warung makan tidak feasible, dalam kondisi seperti ini. Tetapi kami coba untuk nekat, saya suntik modal untuk membeli perangkat-perangkat masaknya, dan akhirnya bener-bener dijalankan oleh ibu saya. Awal-awalnya dijlankan sendiri, selang satu bulan sudah merekrut satu tenaga kerja dengan upah standart UMR Jogja, 400 ribuan. Di bulan ketiga ternyata tambah satu lagi tenaga yang membantu. Setelah berjalan sekitar empat bulan, selesainya tulisan ini saya buat, omzet perhari rata-rata sudah mencapai 650 ribu, lumayan untuk usaha kecil-kecilan, yang notabene usaha warung makan tanpa meja kursi untuk makan, hanya meja kaca untuk tempat memajang berbagai macam jenis makanan, dan dengan modal awal hanya 750 ribuan. Keuntungan bersih per bulan bisa kita prediksikan rata-rata berapa jutaan kan…?, suatu hasil yang fantastis untuk usaha sangat-sangat kecil.

9 Tanggapan

  1. enak juga jadi boss diri kita sendiri tapi masih enol putul melihat peluang…py caranya mas ya?

  2. yeess. sangat bagus . yang jelas jiwa interpreuner harus kita pupuk sejak dini. selamat mencoba.

  3. Saya juga lagi kepikiran buka warung di depan rumah. Saya minta beberapa resep andalannya dong

  4. saya adalah mahasiswa unnes semester 1. bagai mana cara agar dapat membantu orang tua meringankan biaya kuliah
    .

  5. pengen juga wirausaha lagi kaya dulu…

  6. Saya dulu jadi kuli d tangerang
    Gaji rp 2,5 jt. Sudah 12 th kerja. Tiap minggu pulang ke klaten naik kereta cukup rp 15 rb. Di pikir aku keluar dari kerja bantu usaha dagang istri ternyata hasilnya cukup buat makan & ada sisa.
    Badan nggak capek ini benar

  7. sudah lama saya punya keinginan untuk buka warung makan, tapi sampai skarang belum juga terlaksana krena belum pernah menemukan lokasi ditempat yg rame, buat saya yg utama adalah lokasi yg banyak dilewati / tempat orang berkunjung itu yang terpenting.

  8. bagus sekali,saya mulai usaha ayam goreng kremes niy,pake ayam kampung…

  9. ueeeenak buaaangeeet….

Tinggalkan Balasan

