Peradaban kita sudah maju apa belum sich…?

Kadang saya mengkhayalkan akan peradaban kita sekarang ini. Apa bener peradaban kita sudah maju, atau justru merupakan peradaban baru yang masih dalam taraf berusaha untuk “menemukan” peradaban lama yang lebih maju dari peradaban yang sekarang ini.

Ketika kita melihat bangunan-bangunan bersejarah misalnya candi-candi yang begitu besar, piramida-piramida di Mesir, sering terpikir oleh saya. Bagaimana orang jaman dahulu membangun semua itu. Padahal “katanya” sich….teknologi mereka belum maju. Terus dengan apa mereka membangun semua itu? Padahal sekarang untuk membangun sebuah jembatan kecil saja harus menggunakan macam-macam alat berat yang aneh-aneh bentuknya.Tapi ketika saya membaca sebuah buku lama, coba simak saja apa yang sebenarnya terjadi di jaman dahulu dan jaman sekarang.Ini nih sebagai gambaran pereadaban kita sudah maju atau belum. 

relief1  relief2

Gambar-gambar di atas ditemukan pada balok atas penyangga langit-langit sebuah ruangan kuil kerajaan Mesir Kuno, yang lokasinya berada di Abydos, beberapa ratus mil sebelah selatan Kairo dan plato Giza. Objek-objek pada gambar tersebut, dilihat dari perlengkapan fisiknya adalah pesawat yang dioperasikan di dalam lapisan berudara seperti di permukaan bumi, bukan untuk ruang angkasa yang hampa udara. Karena itu digunakan sayap samping dan ekor serta baling-baling. Kuil Abydos ini dibangun untuk Dewa Osiris oleh firaun Mesir kuno, Seti I (1306-1290 SM) dan diselesaikan oleh penerusnya, Ramses II  

Replika pesawat yang ditemukan dari masa peradaban Mesir Kuno,dilihat dari bentuk arsitekturnya sudah mirip sama pesawat terbang jaman sekarang.

replika pesawat
Selain itu pada 1898, dari sebuah makam kuno di Saqquara, Mesir, yang diperkirakan dibuat pada 200 SM, juga telah ditemukan sebuah replika pesawat yang formatnya mirip dengan pesawat terbang modern. Benda ini kini disimpan di Museum Kairo, Mesir.  
rancangan pesawat
Sketsa rancangan pesawat terbang pada masa peradaban Mesir Kuno :
  Dari China dilaporkan bahwa telah ditemukan beberapa buah dokumen sanskrit di Lhasa, Tibet dan lalu dibawa ke Universitas Chandrigargh untuk diterjemahkan. Dr. Ruth Reyna dari Universitas itu menjelaskan bahwa dokumen tersebut ternyata berisi petunjuk untuk membuat pesawat luar angkasa. Cara-cara pembuatan mereka, katanya, adalah anti-gravitasi dan berasaskan kepada satu sistem analog yaitu “laghima”, satu sumber tenaga yang tidak diketahui oleh manusia modern. Menurut ahli Yoga Hindu, “laghima” ini menjadikan seseorang itu mempunyai kemampuan untuk terbang.
Dokumen sanskrit kuno juga menyebutkan bahwa, Maharaja
India, Ashoka telah membentuk sebuah kelompok “Sembilan Lelaki Misterius” yang terdiri atas para ilmuwan terkenal India yang dikatakan mengkatalogkan berbagai jenis sumber-sumber sains. Ashoka telah merahasiakan kerja-kerja mereka semua karena ia merasa bahwa penemuan ilmiah yang terbaru itu akan terpasung dari sumber India kuno itu sendiri dan justru bisa jadi akan disalahgunakan bagi tujuan peperangan yang kejam, yang mana tidak diinginkan oleh Ashoka sendiri. “Sembilan lelaki misterius” telah menulis sembilan buah buku yang saling berkaitan antara satu sama lain, bertajuk “Rahasia-rahasia Gravitasi”. Mereka menyebut kendaraan angkasa tersebut dengan Vimana / Astras. China menyatakan akan mempelajari lebih lanjut dokumen tersebut untuk program kajian angkasanya.  Waw…….,Klo begitu berarti jauh-jauh sebelum Wright Bersaudara menemukan pesawat Terbang,Peradaban-Peradaban zaman dulu,seperti Mesir Kuno,Sumeria,Yunani Kuno dan mungkin Atlantis telah mengenal alat transportasi tersebut dong?.Pantesan,dari bermacam-macam buku yang aku baca, mengenai peradaban Atlantis yang menghilang,dikisahkan memang pada masa itu Teknologinya sudah maju,walaupun dari segi arsitektur teknologinya masih lebih modern sekarang.

Sumber:
Childress, David Hatcher. The Anti-Gravity Handbook. Adventures Unlimited Press: 1985
 

18 Tanggapan

  1. duh ngeri juga ngbayangin kalo ternyata peradaban kita ini mundur.
    tapi semua bukti itu bisa di pertanggungjawabkan gak?

    @====
    Ya itu menurut buku yang aku baca Mas.
    Tapi kalau kita mau berfikir dan mengingat bahwa dulu ketika jaman Nabi Nuh kan pernah “kiamat”, dan hanya sebagian umat saja yang selamat. Mungkin saja waktu itu peradaban sudah maju dan hancur semuanya.
    Dan dalam Agaman juga disebutkan(maaf saya lupa tepatnya) tapi intinya bahwa umat yang sekarang baru sepersepuluh kemampuannya dari umat-umat yang terdahulu.

  2. waah ga nyangka, ternyata…..
    ck..ck..ck..

    @===
    Ternyata saya juga heran non….!

  3. yang pasti jaman dulu ngak pake ahli mark up biaya proyek…kekeke, mungkin?

    @===
    Mungkin ya. Soalnya begitu ketahuan ada mark up, langsung kena AZAB Mas.hehehe

  4. Kayak filem The X Files aja, Mas …
    *I’ve heard the truth, Mulder. Now what I want are the answers.*

    @===
    Yap….memang tetap jadi misteri Mas.

  5. euh.. kalo ngeliat maraknyah pasangan sejenis mah… mundur ke jaman nabi Luth gituh…

  6. euh… tapi kalau ngelihat pada jaman ituh langit belum dijaga panah api teh, bisa sajah jin yang mencuri dengar berita.. memberikan gambaran ramalan masa depan sama orang2 tertentu pada jaman ituh… lalu dibuat patung, lukisan dinding dst…

    @===
    tapi tetep misteri atuh…thanks dah ikut nangkring. Link ya

  7. euh… iyah silahkan… memang misteri sih… euheuheu.. semisteri pembangunan ka’bah di jaman nabi Ibrahim AS… naek batu… pemotongan batu2 di jaman nabi Sulaiman AS. juga… euh… mungkin memang jaman dulu juga sudah ada alat2 sih… nyatanyah jaman sekarang juga motong baja teh pakai air bertekanan tinggi…

  8. …Memang sulit dipercaya? tapi itulah buktinya..
    coba kita pikir.. teknologi yang ada sekarang hanyalah perkembangan dari teknologi abad-19..klo ditung2 cuma 1 abad teknologi sdh mengalami kemajuan yg sebegitu hebat mulai dari pesawat, televisi. hand phone dsb..
    lalu bagaimana perkembangan teknologi sejak jaman adam sampai sebelum abad-19.. apakah selama ribuan tahun atau bahkan jutaaan tahun sebelumnya manusia tidak mengalami kemajuan??
    lalu dari mana teknologi yang ada sekarang ini berasal??
    Kita tidak perlu jauh2 berhayal.. knp bs begitu?.. qt tahu sejak nabi Nuh saja orang sudah bisa buat kapal yg mampu nampung umat nabi nuh plus seluruh binatang berpasang2an, kira2 sebesar apa kapal nabi nuh?
    trus masa nabi Daud, orang2 sdh mampu melebur besi menjadi berbagai macam peralatan perang dan rumah tangga?..kira2 teknologi seperti apa yang dipakai pada masa itu? lalu dilanjutkan sulaiman.. apa mungkin tidak terjadi perkembangan teknologi sejak masa itu.. lalu dari salah sattu buku yang saya baca.. distu dituliskan bahwa pada masa sebelum Muhammad orang2 arab sudah mampu berkomunikasi antar kabilah yang jaraknya jauh dengan menggunakan antena..lalu kemana teknologi itu menghilang?? apa benar manusia jaman dulu bodoh2 kayak manusia purba?? dan ataukah manusia sekarang yang lebih hebat pemikirannya?.. atau jangan2 memang sengaja dihancurkan Allah krn kesombongan manusia atau bisa juga sengaja disimpan oleh “seseorang” demi keuntungan semata..Silahkan Anda semua berpikir?? Dimana harus dicari JAWABNYA?? kalau tidak kembali Ke <> ..

  9. 2:kern
    kesimpulannya,,,,,,,pernah “kiamat mas?”

  10. Saya pernah baca bahwa Malaikat sempat membantah rencana ALLAH SWT untuk menjadikan Adam “Khalifah” (pengganti) di Bumi.Para malaikat menyatakan “untuk apa menciptakan manusia di muka bumi bila mereka hanya saling berperang dan bunuh membunuh”.Artikel lain yang pernah saya baca di India tepatnya kawasan yang dinamai Mohenjo Daro ternyata beberapa juta tahun lalu pernah dibom dengan bom Atom yang hingga senkarang masih menyisakan radiasi sehingga daerah tersebut dijadikan daerah terlarang oleh pemerintah India.
    Berarti sebelum adanya Nabi Adam di Bumi ini sudah ada manusia dengan tekhnologi tinggi yang saling bunuh dan berperang sebagaimana bantahan para malaikat terhadap rencana ALLAH SWT untuk menjadikan Adam sebagai Khalifah (pengganti) di Bumi.
    Semoga ALLAH SWT akan selalu menambahkan Iman dan Taqwa kita
    dengan adanya penemuan dan jawaban dari misteri umat manusia
    ini.Amin.
    WASSALAM.

    #—
    Berarti tetep misteri juga khan Mas Irwan?

  11. bidip bidip

  12. yaa klw dpikir-pkir mungkin peadaban kuno lebih fantastic gt,heheheheh

  13. saya pernah membaca dalam suatu artikel berdasar pentafsiran sendiri dari sebuah kitab suci. entah saya lupa tepatnya ayat dan surat berapa (mungkin ada yang bisa bantu cari nih?)

    kira-kira seperti ini:

    “sulaiman berkata; ya tuhan kami, anugrahkan lah kepada kaum kami (bangsa kami) kelebihan (baca:teknologi) yang tidak akan dapat ditandinginya oleh kaum-kaum setelah kami.”

    jika kita berjalan dengan thema berpikir artikel diatas tersebut, maka menurut saya, bahwa memang ada nya kemajuan pada kaum-kaum terdahulu yang telah dicapai.

    lalu mengapa kemajuan tersebut sekarang hilang ? (atau terpendam). menurut saya, tengoklah sejarah, bahwa setiap penguasa, bangsa, atau anak manusia yang merasa dirinya memiliki kemampuan (bisa jadi ilmu, harta, ataupun kekuasaan), boleh jadi ada suatu klimaks dimana anak manusia tersebut menjadi sombong adanya.

    1. seperti firaun yang sombong, ditenggelamkan tubuhnya di laut merah

    2. atlantis yang angkuh dengan teknologinya, diruntuhkan pula kotanya. dan lain sebagainya.

    atau tidak perlu jauh-jauh, tengoklah sejarah pemimpin pemimpin dunia terdahulu. satu dan lainnya saling naik keatas, menjadi sombong, dan jatuh.

    lalu apakah peradaban saat ini akan kembali mencapai apa yang telah di capai umat terdahulu? dengan yakin saya katakan, mungkin akan ada suatu masa bagi kita nantinya mencapai titik tersebut.

    untuk saya, saya mempercayai, bahwa kita adanya adalah manusia akhir jaman (umat akhir jaman). semoga teknologi umat manusia yang ditemukan sekarang maupun saat ini. dapat membawa kita kepada suatu titik yakin (iman) bahwa, untuk menjadi selalu seperti “padi yang berisi”. dan bahawa yakin adanya “kekuatan” yang exist, yang melewati batas pemahaman kita.

  14. ehm koreksi, maaf baris ke empat sebelum terakhir,

    “semoga teknologi umat manusia yang ditemukan sekarang maupun saat ini.”

    kata “saat ini” maksud saya, saat akan datang (masa depan).

    terima kasiih.

  15. setuju bung DUCKEY……

  16. assalamu’alaikum
    percaya ga percaya sih.
    cuma masih da yang ganjel nih,klo zaman dulu teknologinya lebih canggih dr sekarang,kenapa gambar yg ditemukan diatas langit-langit sebuah kuil itu masih berbentuk pahatan?

  17. Jangan gila dong!!!!! hari gini mau diboongin orang. loe aja kalee gue enggak

  18. ya………….kalo kita udah mengetahui bahwa peradaban kita mundur sudah seharusnya kita mulai mempelajari dan mengembangkan segala peradaban yang sudah ada sejak zaman dahulu, bagaimanapun orang2 zaman dahulu lebih cerdas dari pada kita2 ini jadi kita harus belajar dari mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: