Bisnis Apa Gambling….!

Indonesia adalah negara agraris, Indonesia adalah negara kelautan/maritim, Indonesia adalah Negara tropis, Indonesia adalah Negara terkorup di Asia nomor dua, Indonesia adalah Negara miskin, dan Indonesia adalah Negara sebagai pemasok Haji terbanyak.Mana yang benar sich…? Terlepas dari semua itu yang bener yang mana, yang jelas memang Indonesia adalah Negara yang tanahnya Loh Jinawi, yang subur makmur, kalau dikelola dengan baik, dan tingkat korup yang rendah. Melenceng neh dari judulnya.

Okey dech, langsung saja kembali ke judulnya yaitu Bisnis atau gambling. Dalam setiap melakukan kegiatan bisnis, resiko tentulah ada. Dan resiko inilah yang menggiring kita kepada keadaan gambling. Kalau kita nasibnya mujur, bisnis kita akan berjalan dengan baik, tetapi kalau sedang apes, wah….hancur semua. Karena salah satu hobby saya adalah tanam-menanam, entah itu menanam tanaman bunga, ataupun tanaman buah-buahan, bahkan tanaman komoditas pertanianpun sebenarnya saya juga suka, yang jelas belum menanam saham, dan tidak akan menanam bibit permusuhan.

Bawang merahCabe1cabe2rz5.jpgDi dalam bisnis pertanian, banyak sekali jenis-jenis tanaman yang  berhubungan dengan nasib-nasiban alias gambling. Diantaranya tembakau, dan bawang merah, serta cabe(Lombok).Pernah saya mencoba menyalurkan hobby saya sekaligus bergambling dengan menanam bawang merah dan cabe.Untuk tata caranya tidak perlu saya uraikan, tetapi singkat riwayatnya dengan bisnis begini. Dibanding dengan menanam  jenis komoditas pertanian yang lain seperti padi, kacang,dan palawija lainnya, menanam Bawang merah dan cabe memerlukan perawatan yang lebih, dan biaya yang lebih pula. Akan tetapi kalau nasib lagi mujur neh…..dengan lahan yang sama luasnya, antara ditanami padi dan bawang merah atau cabe, maka keuntungan menanam bawang merah dan cabe bisa 20 kali lipatnya. Koq bisa ya…?Tahun kemaren saya mencoba menanam bawang merah dan cabe dengan system tumpang sari. Total biaya pada waktu itu sekitar Rp. 5 jutaan. Setelah selesai panen untuk bawang merah sekitar 50 hari, ternyata saya sudah mulai BEP(Break Even Point) Alias impas semua biaya-biayanya. Nah karena sistemnya tumpang sari, maka tanaman cabe sudah mulai berbunga pada saat panen bawang merah. Berarti tidak ada biaya lagi karena semua pupuk sudah ditopang pada saat menanam bawang merah. Ketika musim panen cabe mulai, ternyata harga cabe pada waktu itu berkisar antara Rp 4 ribu sampai dengan Rp. 6 ribu. Lumayanlah, karena sudah BEP,maka tinggal keuntungannya saja. Setiap kali petik, bisa terkumpul sebanyak 150 kg cabe merah sehingga rata-rata tiap kali petik bisa mendapatkan Rp. 600 ribu. Kalau keadaan bagus, maka bisa sampai dengan 20 kali petik.  Tetapi karena cuaca waktu itu cepat sekali berubah, baru 10 kali petik, ternyata sudah hujan terus-terusan sehingga tanaman cabe mati total. Lumayan masih dapet untung Rp. 6 jutaan dipotong biaya petik.

Periode tanam berikutnya, saya coba dengan sewa lahan yang lebih luas, dan modal yang saya keluarkan sekitar Rp. 12 jutaan. Singkatnya periode kedua ini, ternyata harga cabe merah keriting sampai tembus ke harga Rp. 16 ribu per kilogram. Wah bisa kebayang gak senengnya bisa booming harga seperti itu. Total pendapatan saya waktu itu sih lupa-lupa inget, tapi yang jelas dengan modal Rp. 12 jutaan, hasilnya bisa buat beli gerobag walaupun cuman second.Satu mobil taruna bisa dibeli tuh.

 mobil butut

Jadi tambah semangat neh (semangat apa murko(jw)…?)Siapa sih yang nggak kepingin ngelanjutin kalau berhasil seperti itu?Periode selanjutnya, aku coba tanam lagi dengan kapasitas yang sama. Ternyata nasib membawa saya ke keberuntungan lagi, yaitu hasil tanaman yang lebih melimpah ruah, TETAPI dengan harga cabe merah keriting pada waktu itu hanya berkisar Rp. 1.250,- sampai paling tinggi Rp. 1.750,- per kilogram. Wuaaaaaaaaahhhhh…….gile bener. Buat ongkos metik aja rugi. Trus mau diapain,kalau buat ongkos metik aja rugi?   Ya dibiarin ajha……SIAL BUENER…….!Selalu tidak puas dengan hasil yang didapat, ternyata bisa menjadi boomerang pada diri kita. Bahwa sesungguhnya kita sudah sukses tetapi dengan ketidak puasan kita ternyata bisa membawa diri kita terperosok. Ya itung-itung gambling dah, Rp. 12 juta amblas. Tapi kalau diitung-itung sih masih juga untung juga dari pendapatan sebelumnya. Tapi siapa yang nggak jengkel…? Pernah ada yang bertanya Kapok nggak…..? udah enak-enak kerja masih aneh-aneh ajha. Aku tetep bisa menjawab TIDAK. Walaupun periode ini saya absen nggak nanem lagi,baru membaca situasi(kayak orang pinter ajha), but someday…….gue pasti nanem lagi kalau masih MAU. Hehehehe….bener-bener GAMBLING.  

15 Tanggapan

  1. yang namanya bisnis yang pasti ada untung dan rugi…*kayak ngerti2o aku ki*
    Coment pertama dapat pulsa ndak ki….lombok juga ngak papa….

    #—
    lainkali kalo’ ada rejeki lagi yach🙂

  2. Bersyukurlah mas Lilik yang punya jiwa wirausaha. Mbantul memang tempatnya bawang merah dan lombok ya.
    Kalaupun ada rugi, itu berari peringatan untuk lebih berhati-hati.
    Semoga musim tanam depan bisa dapet Taruna satu lagi (minimal Taruna Nusantara lahh).

    #—
    Jiwa sih nggak ada lha wong bosenan koq.
    BANTUL Mas Eko, bukan MBANTUL. Hehehehe

  3. Mas, bisnis di Medan aja, ga usah tanam menanam. Dijamin laris manis tanjung kimpul, jualan GENSET. News terbaru: Krisis listrik di Sumut mudah-mudahan bisa diselesaikan akhir 2008. Nah lho.. mo ikutan ga

    #—
    Enggak dech May….sukses diatas penderitaan orang laen nggak enak rasanya.(padahal karena nggak punya modal)
    Eh aku punya dua Genset May…bekas gempa tahun kemaren sempet listrik mati total agak lama, kalau mau ambil di Jogja yach…?🙂

  4. Boleh mas, lumayan buat modal awal jualan genset 2nd. Alamat mas liliks mana, wkakakaka

  5. Dear orang sukses
    aku lagi pingin berbisnis adenium nehh. bisa tolong kasih Coment gak bank!

    #—
    Untuk bisnis adenium sekarang juga masih agak lumayan mas, harga bibit bonggolan sudah mulai turun. Tapi memang butuh kesabaran.
    Kalau anda bisa menangka peluang, bisnis musiman untungnya lebih gedhe tapi harus jeli cari peluang terus.

  6. Saya dulu pernah mengawali bisnis cabe, waktu itu saya beli cabe di pasar kemudian aku kirim ke Batam tapi awal bisnis ini saya gagal karena cabe yang aku kirim lewat Cargo salah membungkusnya jadi untuk memulai kembali bisnis ini butuh modal 5 juta. Tapi saya tak patah semangat untuk kembali berbisnis pengiriman cabe. Saya orang Bantul pa bisa kita join. Dear orang sukses

  7. I so helped with your business story. I feel motivatored.thanks very much.Mr. lilik in yogya many furniture factorys.so may I joint with you in furniture business?we begin building furniture business!OK.

  8. saya baru mau coba untuk usaha ini pertama sekali,sekalipun saya tahu resikonya bisa-bisa harga anjlok ketika panen. Ketika saya membaca artikel yang mas buat ini,saya jadi lebih bersemangat. Semoga sukses yang pernah mas petik akan berulang untukku.

  9. Semangat terus aja .rizky mesti dicari

  10. ijinkan saya berteriak dan mengoceh selama satu menit …

    Lain kali ketika Anda turun di toko buku, lihat
    bagian website dan markleting,,

    Aku ingin kau melihat jenis informasi yang
    tersedia untuk mengajarkan Anda tentang bagaimana mencari uang di internet
    Inilah yang akan anda temukan:

    1) banyak buku yg berisi teori kosong tentang bagaimana cara mencari uang online

    Orang-orang senang berbicara tentang uang, uang, kekayaan, wanita, gosip, dll..

    2) Beberapa yang hanya ditulis ulang dari buku-buku
    70-an dan 80-an tentang bagaimana cara marketing dan bisnis.
    Mereka mengatakan segala macam hal-hal yang mendalam seperti
    dapatkan dollar dengan ppc, berburu uang dengan jualan ebook,
    mendapatkan 70juta dalam semalam, dll

    ini bagaikan mimpi disiang bolong,, saya heran
    apakah ada orang yg percaya dengan iming-iming kosong itu..

    3) Buku tebal sekitar 300halaman.. yang hanya berisi cerita bagaimana menjadi kaya.
    padahal anda itu memerlukan langkah praktis yg mudah
    dijalankan dan sesuai dengan kehidupan nyata anda.

    Yeah, orang ini tahu bagaimana cara menjadi kaya. korupsi, mungkin …

    Dan jika anda ingin membuang-buang waktu lebih banyak lagi (tapi
    tertawa saat Anda melakukannya), pergi ONLINE pencarian untuk
    produk tentang bagaimana untuk mendapat 70juta sebulan. atau bisnis 5 milyar

    Sungguh hal yg aneh..

    Sebelum Anda membeli APA PUN, pastikan bahwa mereka
    menawarkan jaminan uang kembali (karena Anda akan
    meminta untuk itu dalam waktu 15 menit dari pembelian Anda).

    mungkin aku harus mulai menjual minyak secara online. Aku mungkin menjadi kaya
    semalam. haha..

    Apapun. Saya pikir Anda merasa seperti saya.
    ingin uang, bebas, logis, dan pintar..

    Maksud saya adalah bahwa sebagian besar orang-orang yang
    menulis tentang topik ini juga tidak mengajari
    APAPUN tentang bagaimana untuk menghasilkan uang dgn logis atau mereka
    mengajarkan hal-hal yang sudah 100 tahun (dan itu tidak
    bekerja kembali dgn baik).

    Aku benar-benar mendorong Anda untuk pergi melihat
    sendiri. Satu jam di sebuah toko buku akan memberitahu Anda
    semua yang perlu Anda ketahui atau di internet.

    Jadi, apakah website saya berbeda?

    Hal yang membuat website saya dan
    sistem yang berbeda dari yang lain adalah:

    1) saya pelajari dan dikembangkan oleh sebagian besar pengeluaran
    waktu menonton dan belajar dari banyak bisnis yang
    “alami” berhasil dan sukses, dan menemukan kesamaan dlm kesuksesan mereka.

    2) Saya dulu pernah ikut berbagai macam bisnis. mulai dari yg jelek hingga bagus.
    sungguh mengerikan,,uang saya terkuras.

    Saya menghabiskan beberapa TAHUN mencoba untuk membuka
    rahasia dan menemukan cara yg sederhana dlm menjaring uang di internet.. saya
    mencoba hampir semua (sebagian besar yang tidak
    bekerja sangat baik). sampai akhirnya saya berhasil menemukan cara yg tepat.

    Dan biarkan aku mengatakan apa yang … ketika aku mulai
    mencari tahu apa yang BENAR-BENAR bikin sukses di internet, saya
    Terkejut. Tidak masuk akal bagi saya, diluar dugaan saya.

    sangat sederhana dan mudah..
    Bahkan, aku masih menggelengkan kepala ketika saya berpikir tentang hal itu.

    ide yang salah tentang “bagaimana cara mendapatkan uang”. Dan
    karena itu, mereka hidup dalam sebuah realitas yang tidak pernah
    bekerja untuk mereka.

    Kebanyakan orang ingin cepat kaya sehingga mereka terjebak penipuan atau mereka akhirnya frustasi.

    Salah satu alasan mengapa saya begitu gembira adalah bahwa
    Saya telah menemukan banyak rahasia, dan saya menghabiskan banyak waktu untuk itu..

    oke, cukup sampai disini dulu

    Saya ingin Anda berhasil di bisnis internet. Saya harap Anda
    bisa merasakannya dari artikel ini.

    Buka di sini dan check it out:

    UangSuper.com

  11. bro ane jg mau jualan bisnis cabe nich,mau bantuin kasih pengalaman dan ilmunya gak????sawah di daerah sleman Jl. magelang 1000 meter nya 800 ribu…email saya ini prototive2@yahoo.com….
    kpn bs ktemuan….saya ingin belajar dengan anda…..081215568974

    • untuk daerah sleman sepertinya banyak pakar-pakarnya boss. Tapi saya lebih suka belajar dari daerah sanden/samas Bantul. Disamping deket dengan rumah, memang lahan saya juga di situ.
      maen ajah ke petani-petani yang lagi di sawah tuh,ramah-ramah koq orangnya. Saya dulu juga bermula dari situ, tapi memang untuk cabe gampang-gampang susah ya. Woooww….1000 meter mah lumayan banget boss, hari ini panen belom kelar, besok yang hari ini dipanen udah merah lagee tuh.
      Saya biasanya tumpangsari dengan bawang merah mas, tapi jujur saja, saya cuman ngawasin ama koordinir apa yg harus dilakuin, untuk tenaganya saya pake orang, tenaga harian, karena saya punya kesibukan yang lain juga. Pernah sukses gede, tapi pernah jatuh juga mas,asyiklah pokoknya. Untuk sekarang, saya belom mulai lagi karena cuaca tahun 2010 yang susah banget untuk diprediksi. Sementara sekarang saya isi kekosongan dengan kolam ikan, ternyata semua itu kalau ditekuni memang bener-bener bisa membawa ke sukses besar koq. Percaya diri, berani ambil keputusan. Jangan ragu.

  12. Sya, mau nanya,? Untuk penanaman cabe merah besar dng bawang merah sistim tumpang sari. Pd umur brapa mas pemupukan jg penanaman cabe disela2 bawang merah?……

  13. Maaf kawan,, aku mw bisnis bawang merah.. Saya petani asal brebes..penginya sih jadi pengirim ke luar kota…

Tinggalkan Balasan

