Apa jenis Investasi Anda?

Gold

Emas, dalam tabel kimia mempunyai lambang Au(Sok tahu ya), adalah jenis logam yang semakin lama-semakin langka, dan mempunyai nilai investasi yang tinggi. 

Tidak pernah juga terpikirkan mengapa harga emas seolah-olah mengikuti nilai uang (value of money)? Mengapa juga emas tidak mengalami depresiasi (berkurang nilainya karena umur dan fungsinya) seperti aset (harta) kekayaan lainnya, dan tidak berkurang nilainya karena waktu (time value)? Sadar atau tidak sadar, mengerti atau tidak mengerti, yang jelas leluhur kita telah melakukan proteksi atas nilai kekayaannya (aset) yang mereka miliki sebagai bentuk antisipasi dalam kebutuhan masa datang. Mereka telah melakukan aksi lindung nilai (hedging) secara sederhana. Emas sebagai saran lindung nilai ternyata tidak hanya dilakukan oleh para leluhur kita tempo doeloe, kinipun logam mulia ini masih menjadi salah satu bagian dari portofolio aset dari para pengelola dana global. Komoditas itu dianggap sebagai aset yang terbebas dari risiko inflasi, sehingga bila terdapat indikasi akan kenaikan laju inflasi dan atau kondisi perekonomian tidak menunjukkan pertumbuhan, maka para pengelola dana itu akan melakukan pemindahan (switching) portofolio dengan membeli emas. Karakter pemodal Sebenarnya sarana lindung nilai secara konvensional selain emas, juga terdapat pada beberapa aset lain. Namun, pilihan tersebut sangat tergantung dengan karakter pemilik dana, karena setiap pilihan akan mengubah risiko yang dihadapi. Seperti halnya tanah, yang juga mengalami penyesuaian terhadap kenaikan harga barang (inflasi). Namun, aset ini memiliki risiko yang berbeda dengan emas. Emas pasti lebih mudah dalam menjualnya sementara tanah tidaklah demikian. Dalam pengertian lain logam mulia itu lebih likuid dari pada tanah. Memang semua mempunyai resiko, salah satu dari resiko investasi emas ini adalah masalah penyimpanan. Karena yang namanya barang, pastilah rawan pencurian. Akan tetapi di jaman sekarang ini sebenarnya tidaklah terlalu khawatir untuk menyimpan emas, karena banyak insansi resmi pemerintah yang sudah membuka layanan penyimpanan emas ini layaknya Safe deposit box.

Dan kalau kita mau berhitung secara kasar sajalah saya contohkan seperti ini. Pada tahun 1992 untuk ongkos naik haji membutuhkan sekitar 250 gram emas(Kalau dirupiahkan). Dan sekarangpun untuk naik haji biayanya  kalau dikonversi jadi emas sekitar 250 gram. Nah dari sini bisa kita perbandingkan untuk nilai emas di tahun 1992 dan tahun sekarang jika dirupiahkan mempunyai selisih yang sangat besar.

Contaoh yang lain, pada tahun 2001 saya membeli emas dengan harga per gramnya sekitar Rp. 70.000. Di bulan Juli 2007 ini harga jual emas dengan kadar yang sama dengan tahun 2001 sekitar Rp. 160.000. Berarti ada selisih harga sebesar Rp.90.000 memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kita asumsikan dengan investasi berupa tabungan di Bank. Tahun 2001 saya membeli emas sebesar Rp. 20 juta mendapatkan emas seberat sekitar 286 gram, dengan harga per gramnya sekitar Rp. 70.000. Kemudian di tahun 2007 ini emas tersebut saya jual kembali dengan harga per gramnya Rp. 160.000. Bisa kita hitung nilai peningkatannya menjadi Rp. 45.760.000. Suatu nilai yang lumayan dibandingkan dengan kita menabung di Bank pada tahun 2001 sebesar Rp. 20 juta dan di tahun 2007 saya yakin tidak akan menjadi sebesar Rp. 45.760.000, dengan catatan simpanan tidak kita tambah.(Dan kita tidak mendapatkan hadiah rumah atau mobil).

Sebenarnya untuk menjadi nilai sebesar itu tidaklah harus menunggu selama enam tahun. Karena di tahun 2006 pun pernah harga emas sampai tembus sebesar Rp. 200 ribuan per gramnya. Karena tiap saat emas mengalami kenaikan dan penurunan layaknya harga saham di bursa efek. Walaupun selalu mengalami kenaikan dan penurunan, akan tetapi kecenderungannya harga emas akan semakin tinggi, karena sesuatu yang semakin langka secara otomatis harga akan semakin tinggi.

Jadi, tidak ada salahnya kita selain menabung berujud uang sebagai tabungan atau deposito, tidak ada ruginya kalau kita sisihkan sedikit demi sedikit uang kita untuk berinvestasi emas. Di sidebar sebelah kanan saya sajikan harga emas setiap saat, dan merupakan harga emas yang selalu update tiap 30 menit.

Tapi jangan lupa Zakat……!

9 Tanggapan

  1. cuma mo bilang mas, Lambang kimia emas tuh Au, u nya pake huruf kecil, coz singk dari 1 kata aurum. Hehehe

    #—
    thanks koreksinya. udah tak ubah koq. Nggak tahu kalo’ pake huruf kecil🙂
    maklum dulu SMA nya nilai kimia cuma dapet 8 nggak 999,9

  2. koin ONH udah meninggal,,,,,,,,,,,,,,,
    heran alat investasi yang begitu bagus malahan dihapuskan. sekarang ada gold Dinar. cukup menjanjikan.
    Selamat menabung dan menyelamatkan hasil keringat dengan cara halal hehehe……….

    aug

  3. Apakah logam mulia (emas)yang kita miliki bisa disimpan di Bank dalam bentuk deposito?

  4. jenis emas yang bisa disimpan untuk investasi yg mana bung?dlm bentuk perhiasankah yang sering kita pake sehari-hari ato dlm bentuk yg lain, misalnya apakah batangan?trus bisa diperoleh dimana ye emas yg demikian?

  5. hmmmm alasan sederhana yg perlu dipelajari lagi emas disebut di al-qur’an sama abadinya sama unta kambing kurma emas perak dinar nah kalo mo bisnis inget inget dulu di Al-qur’an pernah disebut? kalo udah pernah ayo jalanin insyaALLAH berkah

  6. kalo2 ada yg mau jual emas dalam jumblah byk,bisa hubungi saya di no telp 081319812997 ,yg serius ajhh ,barang bisa di jemputtt cahs depan mata

  7. saya ingin menanyakan harga emas di bulan:
    – Juli 2007
    – september 2007
    – Oktober 2007
    – November 2007
    – Desember 2007
    – Januarai 2008
    – Februari 2008
    – MAret 2008
    – April 2008
    – Mei 2008
    – Juni 2008
    – Juli 2008
    – Agustus 2008
    – September 2008
    – Oktober 2008
    – November 2008
    – Desember 2008
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: